NasionalOpini

Kepala Desa Perbekel Tembok Memberikan Bantuan Pekerjaan bagi warga yang terkena Dampak Pandemi.

BTN iklan

Jakarta, LEI,- Beberapa waktu yang lalu Kepala Desa Perbekel Tembok Kecamatan deso Kulo merancang kegiatan padat karya yang bersifat non fisik. Pada saat warga mereka tidak melakukan pekerjaan fisik, pemerintah desa memberikan 20 pekerjaan seperti pendataan kesehatan lingkungan, hingga ke pertanian.
Seperti digedung serbaguna desa, bebrapa orang sedang mengolah barang bekas menjadi kursi, dari eco-break. Eco-break yang digunakan untuk pembuatan kursi berasal dari sampah botol, dan pembungkus makanan dari sampah plastik yang dihasilkan dari warga desa.
Ada 6 kebun yang dikelola oleh Desa dan dimanfaatkan untuk menanam sayur-sayuran. dan untuk kebutuhan masyarakat, dan untuk menanam tanaman buah. Selain itu Desa menyewa tanah-tanah warga untuk dikelola warga desa. Seluruh hasil pertanian akan dibagikan kepada warga dan nantinya dibeli oleh BumDes Tembok.
Kutipan dari kompas media mewawancarai beberapa warga dengan aktivitas yang dilakukan oleh warga jika tidak ada pekerjaan. Dewa Menjelaskan “Diam dirumah, diam didesa untuk mencari alternatif lain selain pekerjaan pariwisata, selain itu Kepala desa juga menginformasikan dari mobil keliling untuk kita ada lapangan pekerjaan untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari”.

Tim redaksi juga menanyakan seberapa besar selisih pendapatan dari pekerjaan sekarang. dan beliau menuturkan “ya jaraknya lumayan jauh hampir 10x lipat lah pendapatan yang dulu, daripada 0 pendapatan” tutur Dewa.
Program padat karya ini sudah dilakukan selama 4 bulan lalu dan program ini sudah melibatkan beberapa pihak, antara lain kepala desa, warga setempat, petani dan menghabiskan dana sekitar 140 juta rupiah yang bersumber dari dana desa.
Banyak masyarakat yang terdampak akibat covid-19 ini dan terutama yang terpukul adalah di sektor pariwisata. dan itu berada di Pulau Bali, karena masyarakat tergantung kepada sektor pariwisata, sedangkan pada masa pandemi ini barisan pariwisata sedang di berhentikan dan berkurangnya atau mengecilnya lapangan pekerjaan yang ada.
Pemberian dana desa ini diberikan secara tunai dan desa memberikan pekerjaan ada sebagai validasi data, pekerja lingkungan, menjahit masker, menanam tanaman, pembibitan, penjagaan lingkungan kesehatan.

Kontributor : Dwitya Yonathan Nugraharditama

Sumber : Kompas

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami