LiputanNasional

Kepulauan Seribu Adalah Beranda Jakarta

BTN iklan

JAKARTA (LEI) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menegaskan pihaknya memastikan bahwa Kepulauan Seribu adalah beranda Jakarta sehingga berbagai pihak juga harus bersinergi dalam rangka mewujudkan hal tersebut.

Menurut Sandiaga, dirinya telah berkantor selama satu hari setiap bulannya di Kepulauan Seribu agar bisa membenahi beragam aspek di wilayah tersebut, tidak hanya soal sampah tapi beragam persoalan lainnya seperti pendidikan, ketimpangan, dan lapangan kerja.

Terkait kawasan Teluk Jakarta, Sandiaga juga mengemukakan kawasan tersebut harus dijaga kebersihannya karena Teluk Jakarta merupakan potensi yang bila tidak diurus dengab baik maka akan menjadi musibah.

Wagub DKI menuturkan, dirinya telah beberapa kali menyelam di Kepulauan Seribu dan memang sampah menjadi persoalan, apalagi dahulunya berbagai pihak dinilai bersikap defensif tetapi sekarang semua pihak telah siap bersinergi guna mengatasinya.

Sandiaga juga mengemukakan, pendekatan pengelolaan sampah pada selama ini lebih didominasi oleh birokrasi, dan diharapkan ke depannya lebih banyak lagi dipicu oleh beragam gerakan masyarakat dari berbagai komunitas.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu Yusen Hardiman menyatakan adalah hal yang esensial untuk menimbulkan nilai-nilai sehingga masyarakat memahami dan mengerti pentingnya pengelolaan sampah.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan kondisi biomassa kelautan di kawasan perairan nasional naik signifikan setelah kebijakan pemerintah yang mengeluarkan kapal ikan asing dari dalam negeri.

Menurut dia, setelah adanya kebijakan moratorium perizinan kapal ikan eks-asing telah lebih dari 7.000 kapal pergi dari negara Indonesia.

Susi berpendapat salah satu kebijakan yang keliru di masa lalu adalah dibukanya perizinan bagi kapal-kapal asing untuk membeli konsesi menangkap ikan di kawasan perairan Republik Indonesia.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami