InternasionalLiputan

Kereta Amtrak Tabrakan, 2 Orang Tewas

BTN iklan

Jakarta/Lei- Gubernur South Carolina Henry McMaster mengatakan kereta penumpang Amtrak tampaknya berada di jalur yang salah ketika bertabrakkan dengan kereta penumpang CSX di bagian selatan negara bagian AS tersebut pada Ahad (4/2).

Dua orang tewas dan 70 orang lagi cedera dalam peristiwa itu. “Mereka mestinya tidak bertemu seperti itu …,” kata McMaster dalam satu taklimat. “Tampaknya Amtrak berada di jalur yang salah.” Kereta CSX kelihatannya berada di jalur yang semestina, tambah Gubernur tersebut.

“Keterangan yang kami terima  dan ini adalah objek koreksi ialah ini bukan jalur (kereta) utama,” kata McMaster, sebagaimana dikutip Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi. “Ini adalah jalur muatan buat jalur tepi tempat tabrakan terjadi.” Kereta CSX diparkir di apa yang tampak sebagai jalur tepi ketika kereta Amtrak, yang bergerak dari New York ke Miami, menabraknya dengan kecepatan 59 mil per jam, katanya. Ia menggambarkan lokomotif kereta barang itu sebagai “sepenuhnya tercabik” dan lokomotif Amtrak sebagai “nyaris tak bisa dikenali” akibat tabrakan tersebut.

Kedua orang yang meninggal adalah pegawai Amtrak di kereta penumpang itu, kata McMaster.

Di antara orang yang cedera, satu berada dalam kondisi kritis, dua didaftar sebagai serius, sementara yang lain menderita luka ringan seperti tergores dan memar, kata Steve Shelton, Direktur Persiapan Darurat Lembaga Kesehatan Palmetto.

Sebelumnya, pemerintah lokal menyatakan sebanyak 5.000 galon bahan bakar tumpah setelah tabrakan kereta tersebut.

Namun, “tak ada ancaman buat masyarakat pada saat ini”, kata Juru Bicara Lexington County Harrison Cahill.

Amtrak mengatakan di dalam satu pernyataan bahwa tabrakan itu terjadi sekitar pukul 02.35 waktu setelah di Cayce, South Carolina.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami