InternasionalLiputan

Kerusuhan Menyebabkan Sudah Selatan Mengalami Rawan Pangan

BTN iklan

Sudan Selatan/Lei  – Meningkatnya kerusuhan di Sudan Selatan mempengaruhi keamanan pangan di beberapa wilayah yang lebih stabil, kata Kepala Misi PBB di Sudan Selatan (UNMISS) David Shearer pada Kamis (30/3).

“Berkurangnya pengiriman … dan harga pangan yang meroket berarti tempat seperti Aweil, yang bisanya damai, telah menderita dampak dari konflik yang terjadi di wilayah lain di negeri itu,” kata Shearer di dalam satu pernyataan.

Program Pangan Dunia (WFP) pada Oktober tahun lalu memperkirakan sebanyak 840.000 orang menghadapi kondisi rawan pangan parah di Wilayah Bahr el Ghazal Utara, tempat Negara Bagian Aweil –yang baru dibentuik– berada.

“Perang harus berhenti, jadi warga di negara termuda di dunia itu dapat hidup dalam kedamaian dan menikmati keuntungan kemerdekaan,” kata Shearer, sebagaimana dikutip Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat siang. Ia menambahkan kondisi tidak aman telah secara langsung mempengaruhi biaya barang di Aweil Kabir, sehingga memaksa banyak keluarga pergi ke negara tetangga, Sudan, sebab mereka tak bisa memproduksi panen atau menanggung harga bahan pokok yang sangat tinggi di pasar.

“Semua lembaga itu telah terjun untuk menyediakan bantuan kemanusiaan darurat di wilayah tempat Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) menyatakan 52 persen warga berada dalam kondisi rawan pangan,” kata Shearer.

PBB pada penghujung Februari mengumumkan kelaparan di beberapa wialyah negeri tersebut, dan 100.000 orang kelaparan, selain satu juta orang berada di jurang kelaparan dan 5,5 juta orang lagi sangat memerlukan bantuan pangan akibat lebih dari tiga tahun pertempuran sejak Desember 2013.

Namun, Shearer masih optimistis bahwa pembangunan hubungan yang baik antara pemerintah lokal, lembaga PBB dan organisasi non-pemerintah “akan memungkinkan kami menanggulangai tantangan rawan pangan”.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami