BTN iklan
Internasional

Kesalahan Sistem Bisa Buat 737 MAX “Menukik Tiba-Tiba”, Boeing Siap Keluarkan Peringatan

(LEI)- kecelakaan tragis pesawat Boeing 737 MAX 8 Lion Air di Perairan Karawang akhir bulan lalu, Boeing dilaporkan tengah bersiap untuk memperingatkan maskapai bahwa ada kesalahan dalam seri pesawat terbarunya yang dapat membuat pesawat “menukik secara tiba-tiba”.

Bloomberg, mengutip seorang sumber yang mengetahui dengan masalah ini, melaporkan bahwa buletin Boeing akan memperingatkan maskapai mengenai kesalahan yang ditemukan dalam sistem pesawat.

Peringatan tersebut diberikan terkait kesalahan pembacaan dari sistem pengawas penerbangan yang dapat menyebabkan pesawat tiba-tiba menukik. Sumber yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan, Boeing akan memperingatkan pilot untuk mengikuti prosedur yang ada untuk mengatasi masalah ini.

Dia menjelaskan, peringatan tersebut didasarkan atas penemuan awal dari kecelakaan Lion Air JT610 yang menunjukkan bahwa dalam beberapa keadaan, seperti saat pilot menerbangkan pesawat secara manual, jet Boeing seri Max akan secara otomatis berusaha menurunkan hidung pesawat jika mendeteksi bahwa aerodynamics stall yang menyebabkan mati mesin mungkin terjadi.

Salah satu cara kritis pesawat menentukan apakah stall hampir terjadi adalah pengukuran yang dikenal sebagai sudut serang (angle of attack), yang merupakan perhitungan sudut di mana angin melintas di atas sayap.

Data yang berhasil diambil dari kotak hitam rekaman penerbangan Lion Air JT610 menunjukkan ada masalah pada indikator kecepatan pesawat dalam empat penerbangan terakhir. Namun, belum diketahui apakah masalah tersebut berhubungan dengan isu angle of attack.

Detail mengenai buletin yang akan dikeluarkan Boeing belum diketahui, tetapi peringatan tersebut mungkin akan menjadi langkah konkret pertama hasil dari penyelidikan kecelakaan. Boeing memiliki prosedur yang memungkinkan pilot untuk terus terbang jika pembacaan angle of attack mengalami kesalahan.

737 MAX adalah pesawat terbaru dan tercanggih yang dikeluarkan Boeing. Pesawat itu juga laku keras dengan ratusan di antaranya telah selesai dan dikirimkan ke berbagai maskapai, termasuk Lion Air. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close