Lifestyle

Kesegaran Hunian Modern Tropis di Tangerang Selatan

BTN iklan

(LEI) – Sebuah rumah/hunian pribadi adalah cerminan dari pemiliknya, begitu pula dengan rumah yang terletak di daerah penyangga ibukota (sub-urban), tepatnya berada di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Rumah bergaya modern dengan luas tanah 200 meter persegi dan luas bangunan 250 meter persegi ini banyak menggunakan unsur warna putih, warna ini menjadi dominan pada eksterior dan interior bangunan agar rumah menjadi terlihat lebih besar walaupun terletak di dalam site/lahan  yang tidak terlalu besar.

Lahan rumah yang terletak di hook, membuat keberuntungan tersendiri karena selain lahan jadi terasa lebih luas dibandingkan dengan para tetangga juga dapat memaksimalkan penghawaan dan pencahayaan alami masuk ke dalam rumah karena bukaan rumah bisa dari dua sisi (sisi depan dan sisi samping), sehingga dapat mencipatakan ventilasi silang.

Proyek ini adalah renovasi dari pengembangan desain awal (developer) yang tadinya hanya terdapat satu lantai menjadi dua lantai. Pemilik/owner, memberikan penugasan kepada arsitek, untuk dapat mendesain  sebuah rumah yang bergaya modern dan minimalis serta merombak hampir 90 % dari desain awal. Minimalis dalam hal ini mereka menginginkan suatu bentuk rumah yang mudah perawatan dan pembersihannya dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan ornamen-ornamen atau bentuk-bentuk yang artificial pada desain rumah baik secara denah maupun tampak bangunannya.

Arsitek tetap mempertahankan layout ruang bawah (lantai satu) terutama untuk layout kamar tidur tamu, kamar mandi lantai satu, serta kamar mandi dan ruang tidur ART. Posisi carport juga tetap pada semula hanya mengganti material lantainya saja (dari lantai cor beton menjadi lantai keramik tekstur kasar serta merubah desain kanopinya

Selebihnya arsitek melakukan perubahan seperti memajukan dinding ruang keluarga (living room); memajukan dinding dapur sepanjang satu meter dan penambahan ruangan di depan seluas 4 x 4 meter yang akan digunakan untuk ruang praktik dokter gigi.  Sementara itu untuk lantai dua semuanya desain baru, dari sisi tampak dan interior bangunan juga berubah total.

Rumah milik pasangan muda dengan tiga orang anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar ini memang dibuat cukup fungsional. Dimana sang Ayah adalah pekerja kantoran yang setiap harinya melakukan commuter untuk bekerja ke Ibukota, sementara itu sang Ibu berprofesi sebagai seorang dokter gigi yang berpraktik di daerah Serpong, Banten.

Mereka berdua sangat menyukai desain rumah yang simpel, praktis dan modern sesuai dengan gaya hidup mereka. Mereka juga menginginkan agar rumah dapat se-efisien dan se-optimal mungkin dalam memanfaatkan pencahayaan dan penghawaan alami, sehingga dapat meminimalisir penggunaan air conditioner dan lampu/penerangan buatan, terutama pada siang hari. Intensitas cahaya matahari dan udara alami yang cukup  dapat mengurangi kelembapan yang menjadi masalah bagi kita yang tinggal pada iklim tropis.

Pemilik/owner juga menginginkan agar setiap anaknya mempunyai kamar pribadi, kamar pribadi tersebut didesain dengan aksen warna yang mencerminkan kepribadian setiap anak. Setiap ruangan dan kamar tidur pada rumah ini diusahakan agar dapat mempunyai bukaan keluar yang dapat mengakses pencahayaan dan penghawaan alami.

Sementara itu sang Ibu juga menginginkan satu ruang khusus yang nantinya dapat digunakan agar dapat berpraktik dan menerima pasien di rumah. Pada lantai dua juga dibuat balkon yang cukup luas, agar bisa menjadi tempat bersantai dan bermain anggota keluarga diwaktu senggang.

Berikut adalah penjelasan beberapa ruang yang terdapat di dalam rumah ini :

  • Living Room : Ruang yang terdapat di lantai bawah (lantai satu) ini digunakan untuk kumpul-kumpul keluarga inti (duduk-duduk, nonton TV, bermain piano dll) dan juga dapat sebagai ruang untuk menerima tamu. Ruangan yang tanpa sekat sehingga antarruang tamu, ruang keluarga, dapur dan ruang makan menyatu.
  • Master Bedroom : Master Bedroom mempunyai luas 25 meter persegi, dan dilengkapi dengan kamar mandi di dalamnya. Pada ceiling nya mengikuti kemiringan atap diatasnya sehingga mendapatkan kesan yang luas secara vertikal. Terdapat jendela-jendela besar disudut kamar (baik yang bisa dibuka maupaun kaca mati) maupun jendela kaca mati diatas agar lebih memaksimlkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan.
  • Children Bedroom : Kamar anak terdapat tiga buah, sesuai dengan jumlah anak. Setiap kamar mempunyai luas 12 meter persegi. Kamar tidur anak dengan aksen cat dinding warna biru milik anak pertama (perempuan); sementara yang dengan aksen warna hijau milik anak kedua (laki-laki); lalu yang aksen warna merah muda milik si bungsu (perempuan). Hampir semua furnitur diperoleh dari gerai furnitur terkemuka di daerah Alam Sutera dan Bintaro agar kemudian dapat dirakit sendiri oleh si empunya rumah.
  • Dining Room/Kitchen : Ruang makan dan dapur menjadi satu tanpa sekat (open space plan) dan didominasi oleh furnitur berwarna hitam. Dapur bersih dan dapur kotor menjadi satu area. Untuk furnitur kitchen dibuat secara custom dengan bahan dasar particle board.
  • Front Yard : Berfungsi sebagai area taman (tanpa perkerasan, untuk resapan air). Untuk arae taman arah samping memiliki lebar maksimal 3  meter, untuk area taman arah depan juga memiliki lebar maksimal 3 meter.

Total biaya keseluruhan dalam merenovasi rumah ini menghabiskan dana sebesar delapan ratus lima puluh juta rupiah, sudah termasuk biaya untuk pengadaan interior dan furnitur di dalam rumah. Dengan pengoptimalan pencahayaan dan penghawaan alami pada setiap ruang, diharapkan rumah ini dapat menjadi lebih sehat dan memberikan kualitas hidup yang lebih baik  bagi penghuninya.

  • Lokasi : Mahagoni Park, Bintaro, Tangerang Selatan, Banten
  • Pemilik : Keluarga Regy Tangkau
  • Luas Tanah : 200 meter persegi
  • Luas Bangunan : 250 meter persegi
  • Tipologi : Rumah Tinggal Pribadi Dua Lantai.
  • Tahun : 2018-2019
  • Arsitek : Adhi Aryoko, S.Ars., MT., IAI.
  • Mekanikal : Ir. Joko Saptono
  • Elektrikal : Ir.  Karnoto
  • Struktur : Sarno Rahardjo
  • Kontraktor : Sarno Rahardjo

Kontak yang dapat dihubungi untuk konsultasi:
Whatsapp: +62 815-7443-2100
Email: [email protected]

Portfolio lebih lanjut, anda bisa singgah di laman Instagram: https://www.instagram.com/adhi_aryoko/

DENAH LANTAI 2
DENAH LANTAI 1
KAMAR TIDUR ANAK 3 HORISONTAL
KAMAR TIDUR ANAK 2 HORISONTAL
JENDELA KACA MATI KAMAR TIDUR UTAMA
EKSTERIOR 6 HORISONTAL
EKSTERIOR 4 HORISONTAL
EKSTERIOR 3 HORISONTAL
EKSTERIOR 2 HORISONTAL
EKSTERIOR 1 HORISONTAL
DAPUR 2 HORISONTAL
DAPUR 1
BALKON ATAS SAMPING 3 HORISONTAL
BALKON ATAS SAMPING 1 HORIZONTAL
BALKON ATAS DEPAN 1
BALKON ATAS DEPAN 1 HORISONTAL
TANGGA 2 HORISONTAL
TANGGA 1 HORISONTAL
SKYLIGHT
RUANG TENGAH LANTAI DUA 1
RUANG TENGAH
RUANG KELUARGA LANTAI SATU 5
RUANG KELUARGA LANTAI SATU 3
RUANG KELUARGA LANTAI SATU 1
KAMAR TIDUR UTAMA 3 HORISONTAL
KAMAR TIDUR UTAMA 1 HORISONTAL

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami