InternasionalLiputanPolitik

Ketegangan Politik Somalia Ancam Kemajuan Kedamaian

BTN iklan

MOGADISHU(LEI)-  Blog regional Afrika Timur pada Senin (26/3) memperingatkan ketegangan politik yang berlangsung di Somalia mengancam bisa menggelincirkan kemajuan perdamaian dan keamanan yang dicapai dalam satu tahun belakangan di negara Tanduk Afrika tersebut.

Lembaga Antar-Pemerintah mengenai Pembangunan (IGAD) menyampaikan keprihatinan mengenai perkembangan politik di Somalia, yang dikatakannya tidak dengan meramalkan proses kestabilan saat ini di negeri itu.

Pertikaian di dalam badan legislatif negeri tersebut mengancam akan menghambat upaya oleh pemerintah saat ini ke arah pembaruan lembaga kehakiman dan keamanan dan peningkatan peluang bagi pertumbuhan ekonomi serta penyediaan layanan dasar buat warganya, kata IGAD di dalam satu pernyataan yang dikeluarkan di Mogadishu.

Pernyataan tersebut dikeluarkan di tengah pertikaian politik di Somalia, setelah pertengkaran antara Perdana Menteri Hassan Ali Khaire dan Ketua Parlemen Mohamed Osman Jawari –yang membuat kegiatan di Majelis Rendah terhenti.

Blok regional itu mengingatkan bahwa kemunculan kembali ketidak-stabilan politik mengancam kemajuan rapuh yang dicapai oleh Pemerintah Somalia selama satu tahun belakangan, demikian laporan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi. Kondisi tersebut, katanya, bisa menimbulkan resiko serius bagi proses stabilisasi.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami