Ekonomi

Ketika Rangkaian Bunga Lebih Mewakili Suara Rakyat Daripada DPRD

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Beredar foto adanya rangkaian bunga dari sejumlah elit partai yang menolak pemborosan APBD DKI Jakarta Tahun 2018. Ini menggambarkan kondisi rakyat yang sudah tidak percaya lagi apabila menyampaikan aspirasinya kepada Dewan Perwakilan Rakyat, sehingga menggunakan media rangkaian bunga.

Diperkirakan jumlahnya akan bertambah lagi nanti.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera membentuk Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Anggota dari tim tersebut bisa direkrut dari PNS ataupun non-PNS.

“Anggotanya bisa PNS atau non-PNS. Itu tergantung gubernur,” kata Kepala Biro Organisasi Reformasi Birokrasi DKI Jakarta, Dhani Sukma.

Dhani mengaku belum mengetahui tim yang diusulkan Anies tersebut. Menurutnya, belum ada pergub penyusunan tim tersebut. “Belum ada anggotanya. Pergubnya belum, lagi proses,” katanya

Dhani memastikan usulan tersebut akan ditelaah oleh jajarannya. Dia mengaku belum mendapatkan nama yang diusulkan. “Usulan belum kan, nanti kita telaah dulu, kita analisa,” jelasnya.

Anies berencana merekrut anggota TGUPP dari PNS dan non-PNS. Rencananya, ada 74 anggota dalam tim tersebut.

Ditambah lagi, dalam situs apbd.jakarta.go.id pada Senin (20/11/2017), anggaran Sekretariat Dewan hanya sebesar Rp 126 miliar pada Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) 2018. Setelah dibahas dengan DPRD DKI Jakarta, anggarannya menjadi Rp 346 miliar. Artinya, terdapat penebalan anggaran hingga lebih dari 100 persen.

Jumlah kegiatannya pun bertambah dari 83 kegiatan menjadi 85 kegiatan. Saat dilihat satu per satu, tambahan kegiatannya adalah anggaran “Pembuatan Buku Profil Pimpinan dan Anggota Dewan” sebesar Rp 218 juta dan anggaran “Penunjang Kehadiran Rapat bagi pimpinan dan Anggota DPRD” sebesar Rp 16 miliar.

Selain dua tambahan kegiatan baru, kegiatan lainnya mengalami penambahan-penambahan anggaran.

Anggaran ini masih dalam bentuk RAPBD DKI 2018. Masih ada tahap pembahasan dengan DPRD DKI terlebih dahulu untuk memastikan anggaran ini masuk dalam APBD 2018. Pekan ini, rencananya DPRD DKI akan memulai pembahasan RAPBD itu. Total RAPBD DKI 2018 sebesar Rp 77,1 triliun.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami