Liputan

Kiat-Kiat Menghadapi Ledakan Konsumen di Musim Liburan

BTN iklan

Lei-Akhir tahun adalah musim liburan, sekaligus musim belanja besar-besaran. Setiap konsumen pasti ingin membeli barang yang paling tepat untuk mereka. Tapi dengan begitu banyaknya pilihan, apalagi ditambah berbagai diskon dan promosi di mana-mana, konsumen bisa menjadi kebingungan memilih.

Tiga karakteristik konsumen di era informasi ini antara lain:

  • ingin lebih ingin tahu (curious)
  • lebih banyak tuntutan (demanding)
  • dan lebih tidak sabar (impatient) daripada dahulu.

Kita sebagai penyedia produk atau jasa harus bisa memberikan layanan yang cepat, serta mampu menarik perhatian mereka di setiap kesempatan. Apa saja persiapan yang harus kita lakukan menyambut liburan akhir tahun?


Sediakan informasi yang cepat dan relevan

Menurut data yang dipublikasikan Google dan Ipsos Connect, 67 persen pengguna smartphone lebih mementingkan mana informasi yang paling relevan daripada siapa penyedia informasinya. Artinya, loyalitas konsumen sangat bergantung pada kualitas informasi yang kamu sediakan.

Black Friday | Photo 1

Sumber Gambar: BestTechie

Konsumen modern banyak menggunakan internet, terutama lewat smartphone, untuk menentukan toko mana yang harus mereka datangi. Dibandingkan harus mendatangi toko satu per satu, mereka lebih suka menghemat waktu dengan browsing terlebih dahulu.

Berikut inilah tiga hal yang paling mereka cari:

  • Tempat membeli. Konsumen ingin tahu ke mana mereka harus pergi bila mencari benda tertentu.
  • Tur virtual. Konsumen suka mengunjungi video YouTube untuk mengintip isi toko tanpa harus pergi secara langsung.
  • Alternatif merek. Ternyata, tahu benda apa yang ingin dibeli tidak cukup. Mereka juga ingin tahu merek atau brand apa yang terbaik.

Semakin banyak waktu dihabiskan konsumen untuk melakukan riset online, dan semakin sedikit waktu yang mereka buang untuk datang ke toko.

Ketika datang ke toko, mereka sudah memutuskan akan membeli apa. Kita harus mempersiapkan pelayanan di toko agar lebih cepat dan mulus, dengan mempertimbangkan hal ini.

Khusus untuk belanja online, ada faktor tambahan yang penting untuk kita perhatikan, yaitu batas waktu pengiriman barang. Konsumen ternyata lebih suka mencari toko terdekat daripada belanja online, apabila waktu sudah melewati batas jam pengiriman paket (misalnya pukul lima sore). Sesuaikan strategi pemasaranmu dengan perilaku tersebut.


Incar para pembeli menjelang deadline

Definisi “deadline” semakin lama semakin sempit. Konsumen tak lagi takut harus membeli barang dari jauh-jauh hari. Bahkan, banyak konsumen yang baru membeli kado Natal pada hari-H. Pastikan kamu siap kebanjiran pembeli menjelang hari besar, atau di penghujung periode promosi, karena masa-masa inilah puncak jumlah transaksi terjadi.

Google Maps | Screenshot 1

Ada dua informasi penting yang banyak dicari pembeli “deadliner” seperti ini:

  1. Di toko mana suatu barang tersedia
  2. Jam buka toko

Semakin dekat musim liburan, pelanggan rupanya semakin khawatir toko yang akan mereka datangi tutup. Jadi kamu perlu menyediakan informasi tersebut dengan mudah, baik secara offline ataupun online.

Tumbuhkan keyakinan terhadap produk

Pembeli ingin mencari sebuah produk yang sempurna. Dengan ketersediaan informasi, pelanggan semakin enggan rugi. Karena itu mereka menghabiskan banyak waktu untuk riset, mempertimbangkan semua alternatif yang ada, sampai mereka benar-benar percaya dengan pilihan akhir mereka.

Inilah sebabnya review alias ulasan produk menjadi sangat penting. Menariknya, konsumen tidak hanya mencari hal-hal positif dalam sebuah reviewMereka juga ingin tahu mengapa mereka seharusnya tidak membeli suatu barang. Video-video ulasan seperti ini mengalami popularitas yang sangat tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Review Video | Screenshot 1

Sumber Gambar: Tech4mob

Konsumen tak hanya mementingkan kualitas/ spesifikasi barang. Mereka juga sangat pemilih terhadap kemasan. Popularitas video unboxing menjadi bukti minat yang tinggi terhadap hal ini. Karena mereka tidak perlu datang langsung untuk melihat barang, mereka bisa menghabiskan waktu sangat lama untuk mencari produk dengan spesifikasi, kemasan, fitur, hingga aksesoris terbaik.

Begitu banyak faktor yang menjadi pertimbangan, dan konsumen pun sekarang lebih hati-hati. Artinya, menarik minat konsumen dengan marketingsemakin lama menjadi semakin sulit.

Sebagai penjual atau produsen, kamu harus bisa menonjolkan kelebihan yang dimiliki produkmu. Tumbuhkan keyakinan dalam diri konsumen, sehingga mereka tidak ragu-ragu memilih.


Informasi adalah kekuatan, dan dengan semakin banyaknya informasi yang ada, konsumen pun menjadi semakin kuat. Kuat artinya mereka semakin punya kebebasan memilih, baik itu memilih produk, memilih waktu, hingga memilih toko.

Tugas kita sebagai penyedia produk dan jasa, adalah memastikan bahwa konsumen menerima informasi yang relevancepat, dan meyakinkan. Apalagi ketika jumlah transaksi meningkat pesat di musim liburan. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan konsumen untuk menentukan pilihan, semakin banyak pula konsumen yang akan kamu dapatkan.

Sumber: Think with Google

Perlihatkan Lebih

2 Comments

  1. You actually make it seem so easy together with your presentation however I find this matter to be really something that I think I’d never understand.
    It seems too complicated and extremely broad for me.

    I’m looking forward for your next publish, I’ll attempt to get the dangle
    of it!

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami