NasionalOpini

KKP koordinasi dengan pihak yang terkait izin Penjualan Pulau

BTN iklan

LEI, Jakarta,-Mentri Kelautan dan Mentri Perikanan Edi Prabowo memberikan izin untuk menjual pulau-pulau pendek di Sulawesi Tenggara untuk kebutuhan investasi namun tidak boleh dijual untuk investor atau orang Asing

apa alasan mentri Perikanan dan Kelautan mengizinkan menjual kepada publik.? Dan Menjual pulau bertentangan dengan undang-undang.
dan membahas dengan dirgen
“Terkait dengan Penjualan Pulau yang ada di Puton ini banyak yang harus disampaikan, kepada masyarakat. Saat isu itu naik di masyarakat ada bebrapa yang ditugaskan untuk mengatasi isu ini yaitu Dirgen Pengelolaan Laut dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, dari hasil ini bahwa disimpulkan proses penawaran dilakukan secara privat artinya tidak ada permintaan izin dan tanpa ada persetujuan dari pihak pihak yang bersangkutan terutama pemerintah pusat” tutur Edi Prabowo.
Secara Prinsip warga negara diperbolehkan sebagaimana diatur dalam pasal 9 peraturan Mentri ATR atau DPN pasal 16 tahun 2016 yang menyebutkan bahwa dipulau kecil dapat dikuasai paling banyak 10% dan 30% dikuasai oleh negara. dan pada kesimpulannya tidak boleh ada masyarakat yang memiliki hak pulau sebesar 100%.

Adapun motif motif lain WNA yang manikahi WNI hanya untuk kepemilikan tanah yang ada di daerah Indonesia,dan ini sudah menjadi motif lama WNA untuk menguasai daerah Indonesia. dan tanggapan Edi mengenai hal ini
” Motive ini sudah lama terjadi dan marilah kita warga negara Indonesia Menjaga Tanah air kita, dan jangan sampai jatuh ketangan orang yang tidak bertanggung jawab”.

BUdi menambahkan “Secara aturan warga negara indonesia diperbolehkan melakukan transaksi jual beli ambil alih kuasa dst, sepanjang persyaratannya dipenuhi”
dan pengawasan dilakukan dari desa,camat, lurah dinas terkait. Seyogyanya sudah bisa memetakan sinergi dengan BPN, dan kita bisa tau mengenai kondisi lahan yang ada di pulau pulau terkecil dan bisa kita petakan dari ujung pulau hingga ujung pulau.

“koordinasi dengan lembaga dan kementrian terjaga dengan baik dengan btr dan kemdaggri
hingga dengan kepolisian dan kami sudah cukup solid untuk melakukan koordinasi dan mengatasi isu isu yang ada di media sosial” ujar Edi saat diwawancari oleh tim redaksi.

Kontributor : Dwitya Yonathan Nugraharditama

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami