Kesehatan

Klaster Pabrik EPSON tembus 1197 Kasus Covid

BTN iklan

LEI, Jakarta – Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi membenarkan ada penambahan karyawan positif Covid-19 di PT Indonesia Epson Industry (IEI).

Dari data 21 September 2020, karyawan PT Epson positif Covid-19 sebanyak 369, lalu bertambah kini bertambah menjadi 1.197 orang per 6 Oktober 2020.

“Iya (bertambah) 1.197. Itu data per 6 Oktober 2020,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi dr Alamsyah saat dikonfirmasi, Kamis (8/10/2020).

Alamsyah menuturkan, dari 1.197 orang, sebanyak 184 di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan pulang ke rumah.

Karyawan yang positif Covid-19 rata-rata masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

Mereka diisolasi di tempat yang disediakan perusahaan.

“Yang ada gejala dan punya komorbid dilakukan perawatan di rumah sakit,” jelasnya.

Untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19, Pabrik Epson melakukan 10 langkah. Hal itu diutarakan Wakil Presiden Direktur PT IEI Emile Pattiwael.
langkah-langkah dalam melacak antara lain melacak seluruh kontak erat dari kasus positif Corona secara menyeluruh. Menetapkan isolasi mandiri untuk seluruh kasus positif kontak erat selama 14 hari.
Melakukan pengawasan ketat terhadap karyawan yang terkonfirmasi positif dan kontak erat serta keluarganya agar melakukan isolasi mandiri sesuai dengan aturan yang ada.

Menyediakan tempat penampungan bagi karyawan yang positif dan kontak erat bagi karyawan yang membutuhkan. Menerapkan Work from Home setelah operasional pabrik berjalan tanggal 2 Oktober 2020, Melakukan disinfeksi total ke seluruh bangunan pabrik sebanyak 3 kali, yaitu pada tanggal 12 September (telah dilakukan), 22 September, dan 1 Oktober 2020. Melanjutkan disinfeksi harian dan mingguan pada masing-masing tempat kerja.
Menggunakan APD tambahan yaitu face shield di atas masker. Face shield digunakan saat mulai meninggalkan rumah hingga kembali ke rumah. Menjamin agar karyawan tetap berada di rumah setelah pulang bekerja, melalui pengawasan dari atasan masing-masing setiap hari. Menambahkan diare sebagai gejala Covid di luar gejala yang sudah ada selama ini.

 

 

Kontributor: Dwitya Yonathan

 

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami