Liputan

KNKT Berhasil Unduh Data FDR dan Akan Dianalisis Hari Ini

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Komite Nasional Keselamatan Penerbangan (KNKT) berhasil mengunduh data catatan penerbangan atau Flight Data Recorder (FDR) pesawat Lion Air JT 610. KNKT mendapat bantuan dari dua tim negara asing, yaitu NTSB dari Amerika Serikat dan ATSB dari Australia.

Data yang berhasil didapatkan adalah data penerbangan selama 69 jam terakhir. Data tersebut termasuk penerbangan saat pesawat jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Kemudian KNKT akan menganalisis data dari salah satu komponen black box Lion Air itu belum bisa dilakukan hari ini. Komite telah berkoordinasi dengan tim yang menangani black box agar segera mempersiapkan pengolahan data.

“Mereka akan lakukan persiapan pengolahan data kira-kira sampai malam ini. Jadi analisisnya baru bisa kita mulai besok pagi. Jadi besok pagi tim lain baru bisa melihat penerbangannya seperti apa,” ujar Kepala Sub Komite Investigasi Keselamatan Penerbangan KNKT Kapten Nurcahyo Utomo soal Lion Air di Kantor KNKT, Jakarta Senin (5/11/2018).

Tentu, lanjut dia, analisis penyebab kecelakaan Lion Air berdasatkan data FDR tidak akan selesai dalam waktu satu atau dua hari ke depan.

“Apabila ada keanehan dan kerusakan maka kita harus lihat lagi data perbaikan. Kita sudah ada data awal apa yang terjadi, tapi analisis masih akan panjang,” ucap Nurcahyo.

Nurcahyo mengatakan, KNKT baru melihat dua parameter dari sekitar 1.800 yang tersedia. Proses selanjutnya, KNKT tengah memilah parameter apa yang dibutuhkan untuk mengungkap misteri kecelakaan pesawat tersebut.

“Dari sini akan kita analisis kira-kira apa yang terjadi dengan penerbangan itu,” ujar Nurcahyo.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × two =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami