Hukum

KNPA Minta Polisi Usut Tuntas Persekusi Anggota FPI Terhadap Anak

BTN iklan

Jakarta, LEI – Komisi Nasional Perlindungan Anak (KNPA) mendesak pihak kepolisian untuk mengusut tuntas persekusi yang diduga dilakukan anggota Front Pembela Islam (FPI) terhadap anak PMA (15 tahun) di Cipinang Muara, Jakarta Timur.

Ketua Umum KNPA, Arist Merdeka Sirait, dalam keterangan tertulis yang diterima LEI, Senin (12/6/2017), menyampaikan, aksi persekusi terhadap PMA tidak harus terjadi dan merupakan tindakan kekerasan.

Aksi terhadap PMA di dalam video viral yang beredar luas di media sosial yang mempertonton seorang anak diperhadapkan ditengah lebih kurang 20 orang untuk diminta ketetangan dan membuat pernyataan serta menandatanganinya di atas meterai.

Penandatanganan tersebut penuh intimidasi dengan sesekali pukulan ke kepala dan penamparan di bagian wajah untuk meniruhkan atau mengulang pernyataan yang dilakukan oleh interogatornya tanpa terlihat didampingi orang tua, terlebih pihak Kepolisian, adalah merupakan tindakan belebihan.

KNPA meminta apara kepolisian menindak tegas pelaku berdasarkan Ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 33 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM) dan Ketentuan Pasal 59 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak demi kepentingan terbaik anak (the best intetest of the child).

KNPA Sebagai lembaga/institusi pelaksana tugas dan fungsi keorganisasian dari Perkumpulan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Pusat yang memberikan pembelaan dan perlindungan anak di Indonesia meminta Kapolri segera mengusut kasus Persekusi yang menimpa anak PMA (15) yang diduga dilakukan sekelompok orang dari FPI.

“KNPA juga minta pimpinan FPI untuk menghentikan tindakan persekusi terhadap masyarakat, khususnya terhadap anak,” tandas Aris.

Demi kepentingan terbaik anak dan rasa nyaman bagi PMA, jika diperlukan KPNA akan memberikan pendampingan hukum dan terapy psikososial bagi PMA dan Quick investigator. Komnas Anak menemui PMA dan keluarganya juga kepada pimpinan FPI dan Ketua RW Cipinang Muara.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami