Internasional

Koalisi Jerman Ambruk Setelah FDP Menarik Diri

BTN iklan

Berlin, Jerman,(Lei) – Pembicaraan penjajakan tiga-pihak bagi pembentukan pemerintah baru di Jerman gagal pada Ahad larut malam (19/11), setelah Partai Demokratik Bebas (FDP) menarik diri akibat perbedaan yang tak terjembatani.

Jika FDP menolak untuk bergabung dalam pembicaraan tersebut, Kanselir Jerman Angela Merkel mungkin harus membentuk koalisi minoritas atau menyelenggarakan pemilihan umum baru.

Pemimpin FDP Christian Lindner mengatakan setelah keputusan itu bahwa tak ada “dasar kepercayaan” dengan blok Merkel, CDU (Uni Demokratik Kristen), dan CSU (Uni Sosial Kristen di Bavaria) serta Partai Hijau.

“Kami tidak menyalahkan siapa-siapa karena berpegang pada prinsip mereka. Tapi kami juga melakukan begitu. Kami mendapat suara untuk mengubah kecenderungan saat ini, tapi kami tak bisa mencapai kesepakatan. Lebih tidak memerintah daripada memerintah dengan buruk,” kata Lindner di Twitter, sebagaimana dikutip Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Senin.

Walaupun blok Merkal menerima sebagian besar suara dalam pemilihan umum federal di Jerman pada 24 September, blok tersebut hanya hanya meraih 32,9 persen suara. Itu berarti kubu konservatif memerlukan FDP (10,7 persen) dan Partai Hijau (8,9 persen) untuk memerintah dengan lebih dari 50 persen suara. (Antara/Xinhua-OANA)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami