NasionalPolitik

Komjen Polisi Syafruddin Gantikan Posisi Asman Abnur sebagai MenPAN-RB

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB Mudzakir mengatakan, usai pelantikan di Istana Negara, MenPAN-RB yang baru akan langsung ke kantor. Agendanya adalah sertijab.

Tadi malam (14/8), Asman mengungkapkan, belum mengetahui siapa penggantinya. Namun, dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, Asman sempat memberikan masukan sebaiknya penggantinya dari kalangan profesional atau dari parpol pendukung.

“Kalau saya dari parpol yang tidak mendukung Pak Jokowi. Kalau bisa kan dari pendukung atau profesional. Saat itu presiden manggut-manggut,” ujarnya.

Dia menambahkan, ada beberapa tugas yang mendesak dilaksanakan penggantinya. Salah satunya soal rekrutmen CPNS yang rencananya digelar dalam waktu dekat.

Polri Bangga

“Kami bersyukur dan (mengucapkan) selamat, Polri bangga putra terbaik Bhayangkara Polri dipilih sebagai menteri Kabinet Jokowi,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal di kantornya.

Iqbal menuturkan, mekanisme telah dilakukan Syafruddin dengan mengajukan pengunduran diri atau pensiun dini sejak Selasa 14 Agustus kemarin. Surat tersebut telah disetujui oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan telah dikirimkan ke Presiden Jokowi.

Namun Iqbal mengaku tidak tahu persis apakah surat pengunduran diri itu dilayangkan Syafruddin sebelum atau sesudah ditunjuk sebagai menteri.

“Saya tidak paham teknis itu. Tapi yang jelas ada info bahwa beliau ditunjuk untuk jadi menteri di kabinet, dan kebetulan MenPANRB mengundurkan diri dan beliau ditunjuk menggantikannya. Otomatis untuk persyaratan itu beliau harus mengundurkan diri,” tuturnya.

Dengan pengunduran diri tersebut, maka jabatan Wakapolri kosong. Iqbal yakin dalam waktu dekat Kapolri segera memilih sosok pendampingnya.

Dia enggan berspekulasi soal isu Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis yang bakal mengisi posisi tersebut. Namun yang pasti, jabatan Wakapolri akan diisi oleh perwira tinggi berpangkat Irjen atau Komjen.

“Kita serahkan saja ke Bapak Kapolri, karena ini murni hak prerogatif Kapolri,” ucap Iqbal.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami