KesehatanLifestyle

Kompres Ketika Demam

Kompres air hangat VS Kompres air dingin, mana yang benar?

BTN iklan

Demam adalah kondisi suhu tubuh diatas 37,6 derajat Celcius. Selain kenikan suhu tubuh, demam disertai dengan gejala-gejala pusing dan sakit kepala, menggigil, berkeringat, mulut kering, nyeri otot, dan gejala lain tergantung dari patogen penyebab infeksi.

Mengapa terjadi demam?

Demam sendiri bukan merupakan penyakit, melainkan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri, atau parasit. Terkadang terlihat mengkhawatirkan, demam merupakan pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi tersebut. Selain itu, demam juga bisa terjadi pada kondisi hipertiroidisme, artritis, atau karena penggunaan beberapa jenis obat-obatan, termasuk antibiotik.

Kompres air hangat VS Kompres air dingin

Pemberian kompres air hangat dapat segera dilakukan apabila demam dirasa tinggi dan mengganggu kenyamanan, namun, pastikan bahwa suhu air tidak terlalu panas. Kompres dengan air dingin atau air es justru akan membuat pembuluh darah di permukaan kulit mengecil sehingga panas tubuh justru terperangkap di dalam, dan dapat membuat tubuh menggigil. Selain itu, kompres hangat mampu membantu melancarkan aliran darah dan membuat Anda lebih nyaman.

Cara kompres yang benar

Kompres yang baik yaitu kompres yang aktif, yaitu setelah menyeka tubuh dengan lap basah hangat, kemudian segera dilap dengan lap kering. Lalu kompres di area lipatan seperti leher, ketiak, dan lipatan paha. Proses ini akan lebih efektif daripada hanya menaruh lap basah saja.

(dr. Naomi Chandradewi Manangka)

 

 

 

 

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

One Comment

  1. You actually make it seem so easy along with your presentation but I find this topic to be really one thing which I think I might by no means understand. It sort of feels too complex and very extensive for me. I am having a look forward on your subsequent post, I¡¦ll attempt to get the grasp of it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close