Kontroversi Mobil Harus Punya Garasi, Dari Dulu Sudah Ada Aturannya – Legal Era Indonesia
Hukum-Bisnis

Kontroversi Mobil Harus Punya Garasi, Dari Dulu Sudah Ada Aturannya

Mobil parkir tanpa garasi
Bagikan ke:

JAKARTA, (LEI) – Banyak keluhan sempitnya jalanan di Jakarta karena banyak mobil yang terparkir sembarangan, maka dari itu Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menegaskan kepada seluruh warga Ibu Kota yang belum memiliki mobil, namun hendak membeli kendaraan roda empat agar mempersiapkan garasinya terlebih dahulu.

Imbauan ini sebagai bentuk implementasi dari Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 5/2014 tentang Transportasi.

Di lain pihak, Polri menilai pernyataan Djarot masih perlu dikaji lagi. “Ini kan wacana. Beliau kan pejabat publik yang atur kebijakan publik. Bagi polisi kembali pada aturan,” ujar Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul, di Divisi Humas Mabes Polri beberapa waktu lalu.

Peraturan kendaraan bermotor harus punya garasi tersebut tertuang dalam pasal 149 perda tentang transportasi. Ini bunyi pasalnya:

(1) Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.

(2) Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor dilarang menyimpan kendaraan bermotor di ruang milik jalan.

(3) Setiap orang atau badan usaha yang akan membeli kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari kelurahan setempat.

(4) Surat bukti kepemilikan garasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menjadi syarat penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

(5) Ketentuan lebih lanjut mengenai kepemilikan kendaraan bermotor diatur dengan peraturan gubernur.

[okezone]

iklan btn

Click to comment

Komentar Anda...

To Top