Korea Utara Kini Ada Online Shop dengan Layanan 24 Jam, Tapi Internet Dibatasi Pemerintah – Legal Era Indonesia
Internasional

Korea Utara Kini Ada Online Shop dengan Layanan 24 Jam, Tapi Internet Dibatasi Pemerintah

PYONGYANG, (LEI) – Korea Utara (Korut) baru-baru ini meluncurkan online shop atau toko online bernama Abnal. Bahkan, toko online Abnal ini disebut menyediakan layanan 24 jam dan menawarkan jasa gratis ongkos kirim. Seolah tak ingin kalah dengan negara lainnya.

Pengumuman peluncuran toko online tersebut pertama kali diberitakan oleh media pemerintah, North Korea (NK) News. Toko online ini mengizinkan para pelanggan untuk berbelanja kapan saja dan barang akan diantarkan secara gratis pada keesokan harinya.

“Pelanggan bisa membeli barang kapan saja melalui jaringan komunikasi yang terus berjalan. Ini layanan utama bagi pelanggan yang memungkinkan mereka melakukan pembayaran instan melalui kartu. Dan kami juga menawarkan berbagai layanan tambahan seperti pengiriman gratis dalam waktu 24 jam,” tulis pengumuman tersebut.

Namun, sebagaimana diketahui, mengakses penjualan digital atau internet dinilai merupakan sebuah hal yang tidak biasa bagi bagi warga Korut. Di Pyongyang sendiri, seseorang yang menggunakan smartphone atau ponsel pintar diketahui harus terlebih dulu mengunjungi gerai resmi tempat pembelian guna menginstal atau mendownload aplikasi tertentu.

Dilansir dari Bussines Insider, sebelum toko online Abnal dibuka, fenomena belanja online pada dasarnya telah tumbuh di Korut sejak 2015. AP melaporkan bahwa Biro Umum Pelayanan Pemerintah telah mengelola situs intranet Okryu yang menjual pakaian wanita, asesoris, obat-obatan, perabotan, dan makanan secara online.

Lalu pada 2016, Korut juga telah memiliki aplikasi layanan untuk menonton film bernama Manmulsang. Kurang dari setahun, Manmulsang mencatat 3,2 juta penayangan. Sayangnya, layanan ini dilaporkan terbatas hanya pada sejumlah kecil warga Korut yang kaya raya dan terutama mereka yang menetap di Pyongyang.

iklan btn

Click to comment

Komentar Anda...

To Top