Internasional

Korut Peringati Dimulainya Perang Korea Tanpa Propaganda Anti-AS

BTN iklan

SEOUL (LEI) – Korea Utara (Korut) memperingati peristiwa bersejarah dimulainya Perang Korea yang ke-68 pada Senin, 25 Juni. Namun, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pada peringatan kali ini sama sekali tidak tampak propaganda anti Amerika Serikat (AS) menyusul membaiknya hubungan antara kedua negara usai KTT di Singapura.

Perang Korea pecah pada 25 Juni 1950 saat Korut melancarkan serangan besar-besaran dan merebut Ibu Kota Korea Selatan (Korsel), Seoul tiga hari kemudian.

Pyongyang telah lama menyalahkan AS yang dianggap melakukan provokasi yang mendorong terjadinya Perang Korea. Pyongyang juga menyalahkan Washington atas terpisahnya Korea menjadi Utara dan Selatan, seperti yang disepakati AS dan Uni Soviet pada akhir Perang Dunia.

Pada tahun-tahun sebelumnya, media Korut yang dikontrol secara ketat oleh pemerintah biasanya dipenuhi propaganda anti-AS setiap 25 Juni. Tetapi tahun ini, hal itu tidak terlihat.

“Setiap tahun pada hari ini, tentara dan rakyat kita mendayung perahu kenangan, penuh keyakinan dan tekad untuk membela bangsa,” demikian isi sebuah laporan dari media Korut, Rodong Sinmum.

“Apa yang lebih mengejutkan dunia adalah solidaritas rakyat kita untuk memusnahkan musuh,” tambahnya – tanpa mengidentifikasi musuh dengan nama dalam setiap liputannya.

AFP, Senin (25/6/2018) mewartakan, laporan itu berbeda jauh dari tulisan di tahun sebelumnya yang penuh dengan kritik terhadap “Penjajah AS” dan menyalahkan negara itu atas pembantaian brutal yang dilakukannya terhadap rakyat Korea.

Peringatan dimulainya Perang Korea tahun ini terjadi kurang dari sebulan setelah pertemuan bersejarah antara Pemimpin Korut, Kim Jong-un dengan Presiden AS, Donald Trump. Dalam pertemuan itu, kedua pemimpin setuju untuk membangun sebuah hubungan yang lebih baik antara AS dan Korut.

Beberapa hari sebelumnya, propaganda anti-AS yang sebelumnya marak juga dilaporkan juga mulai menghilang dari Korut. Propaganda anti-AS di jalan-jalan Ibu Kota Pyongyang telah digantikan dengan mural yang berfokus pada ide-ide positif seperti produktivitas, penyatuan kembali kedua Korea dan rencana anggaran lima tahun berikutnya. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Comments

  1. I delight in, result in I discovered exactly what I was having a look for.

    You’ve ended my four day lengthy hunt! God Bless you man. Have a great day.
    Bye

  2. Hey I am so glad I found your blog page, I really found you by error, while I was browsing on Aol for something
    else, Nonetheless I am here now and would just like to say thank you
    for a marvelous post and a all round enjoyable blog (I also love the theme/design), I don’t have time to browse it all at
    the minute but I have saved it and also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read much more, Please do keep up the great work.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close