Liputan

Kosakata “PRAKTIK” Paling Dicari di KBBI

BTN iklan

akarta, 20/12 (Antara) – Kosakata Praktik menjadi kata yang paling banyak dicari di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring selama 2017 dengan 14.998 pencarian.

“Kata terpopuler Praktik dengan 14 ribu pencarian, jadi Praktik bukan Praktek,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di kompleks Kemendikbud Jakarta, Rabu. Pencarian populer di KBBI selanjutnya diikuti oleh kosakata Risiko, Analisis, Daring, Zaman, Aktivitas, Besar, Teknologi, Efektif, dan Izin.

Muhadjir mengemukakan pencarian kosakata tersebut dilakukan oleh pekerja profesional, termasuk salah satunya yang terbanyak ialah wartawan.

Pada tahun 2017, Kemendikbud telah menghimpun 108.000 kosakata dengan 127.000 makna. Total pencarian kosakata di KBBI daring selama 2017 sebanyak 10,7 juta dengan pencarian per hari sebanyak 25.881.

Dalam paparan capaian kinerja Kemendikbud bidang bahasa selama 2017 disebutkan sebanyak 11 bahasa dari 71 bahasa yang sudah dipetakan vitalitasnya dinyatakan punah yang kebanyakan berasal dari Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Sementara empat bahasa berstatus kritis, dua bahasa mengalami kemunduran, 19 bahasa terancam punah, 16 bahasa berstatus stabil namun terancam punah, dan 19 bahasa dinyatakan aman.

Jumlah bahasa daerah yang dimiliki Indonesia menurut versi Kemendikbud sebanyak 652 bahasa. Namun, Muhadjir berpendapat pemetaan bahasa daerah belum bisa dipastikan jumlah tepatnya.

“Kita belum bisa memastikan jumlah sebetulnya bahasa daerah, mungkin sama dengan tidak validnya berapa jumlah pulau yang 17 ribu itu kan kurang lebih, karena ada pulau yang pasang surut,” kata dia.

Muhadjir memastikan Kemendikbud akan terus mengeksplorasi guna mengidentifikasikan bahasa daerah baru yang ditetapkan sesuai dengan standar baku.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close