LiputanNasional

KPK Akan Hadirkan 7 Saksi pada Sidang e-KTP

BTN iklan

Jakarta/Lei – Jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menghadirkan tujuh saksi untuk dimintai keterangan dalam sidang perkara korupsi e-KTP, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (23/3). “Kami rencana ajukan tujuh saksi. Penuntut umum KPK rencana tujuh saksi mendalami aspek penganggaran,” kata Febri Diansyah, juru bicara KPK, di Jakarta.

Dari tujuh orang saksi tersebut, lanjut Febri, empat di antaranya merupakan mantan pejabat di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), tiga orang anggota dan mantan anggota DPR RI. Namun Febri enggan memberitahukan identitas ketujuh saksi tersebut. “Nama-namanya belum bisa disampaikan saat ini,” katanya.

Dalam perkara ini, KPK mendakwa Irman dan Sugiharto melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dalam proyek e-KTP sehingga merugikan keuangan negara Rp 2,3 trilyun dari proyek senilai Rp 5,9 trilyun.

Terdakwa Irman adalah mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri. Sedangkan terdakwa Sugiharto merupakan mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Dukcapil Kemendagri.

Jaksa penuntut umum mendakwa keduangya melanggar Pasal 2 Ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. 

gatra

Perlihatkan Lebih

2 Comments

  1. Good day! I could have sworn I’ve been to this blog before but after browsing through some of
    the post I realized it’s new to me. Anyhow, I’m definitely delighted I found it and I’ll be
    bookmarking and checking back often!

  2. Wonderful blog! I found it while searching on Yahoo News.
    Do you have any suggestions on how to get listed in Yahoo News?

    I’ve been trying for a while but I never seem to get there!
    Thank you

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close