Hukum

KPK Amankan Uang Ratusan Juta dalam OTT di Tiga Kota

BTN iklan

Jakarta, LEI – Tim Satuan Tugas Komisi Pemberantasan Korupsi (Satgas KPK) mengamankan uang sekitar ratusan juta rupiah dalam rangkaian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Tegal, Jawa Tengah, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), dan Jakarta.

“Ada sejumlah uang diamankan, ada ratusan juta,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di Jakarta, Selasa malam (29/8).

Uang ratusan juta rupiah itu diduga sebagai hadiah atau janji alias suap kepada penyelenggara negara terkait proyek di bidang kesehatan. “Ada indikasi transaksional di sana, dugaan penerima hadiah atau janji,” katanya.

Dalam OTT tersebut, Tim Satgas KPK juga mengamankan 5 orang di antaranya penyelenggara negara dan dari unsur swasta. Kelimanya ditangkap karena diduga terlibat suap.

“Tentu sesuai kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi, kami amankan orang terkait indikasi transaksi oleh penyelenggara negara, unsur swasta juga,” ujarnya.

Namun Febri tidak bersedia mengklarifikasi apakah salah seorang yang ditangkap itu Wali Kota Tegal inisial SMS. KPK baru akan menyampaikannya setelah memeriksa dan menentukan status mereka.

“Nama, jabatan, belum bisa kami sampaikan saat ini, nanti setelah pemeriksaan 24 jam, ekspose, setelah itu tentukan status masing-masing pihak diamankan, bisa tersangka kalau ada bukti permulaan cukup,” katanya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close