Hukum

KPK Bakal Tindak Lanjut Jika Zumi Zola Mau Bongkar Aktor Lebih Besar

BTN iklan

Jakarta, LEI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menindaklanjuti jika Gubernur Jambi non aktif Zumi Zola menyampaikan keterangan tetang aktor yang lebih besar diduga terlibat kasus dugaan korupsi guna membuktikan keseriusannya mengajukan Justice Collaborator (JC).

“Kalau ada informasi, bisa disampaikan kepada penyidik, kalau memang ada bukti-bukti. Karena yang bersangkutan ini kan kepala daerah ya,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di KPK, Jakarta, Senin malam (28/5).

Sebagai kepala daerah atau gubernur, Zumi Zola mempunyai akses terhadap berbagai hal di Pemerintahan Provinsi Jambi, baik itu pada penganggaran dan berbagai dokumen, serta pihak lain yang diduga terlibat.

“Tentu saja punya akses kepada penganggaran, terhadap dokumen-dokumen, atau juga mengetahui siapa yang bisa memperkuat keterangannya, tentu akan lebih baik lagi,” katanya.

KPK kemudian melakukan penilaian apakah keterangan tersangka Zumi Zola itu signifikan atau tidak termasuk apakah bisa mengungkap peran pelaku-pelaku lain, terutama pelaku lebih besar atau tidak.

KPK sendiri belum mengetahui siapa aktor yang lebih besar yang ingin dibongkar Zumi, mengingat salah satu syarat untuk menjadi JC adalah harus memberikan keterangan signifikan untuk mengusut aktor yang lebih besar.

“Ya nanti kita lihat saja. Pengajuannya juga baru ya. Yang pasti penyidik masih fokus pada konstruksi perkaranya. Ketika tersangka mengajukan JC, pertama itu merupakan hak dari tersangka, tapi kemudian tentu ada konsekuensinya,” kata Febri.

Menurut Febri, keseriusan pengajuan JC itu dilihat mulai dari pengakuan kasus yang dilakukannya, sampai membuka peran pihak lain atau memberikan keterangan secara signifikan. “Kita lihat saja nanti apakah bisa memenuhi persyaratan tersebut atau tidak,” katanya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami