Hukum

KPK Bantah Pernyataan Romli Soal Dana Hibah ke ICW

BTN iklan

Jakarta, LEI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah pernyataan pakar hukum pidana Romli Atmasasmita yang menyebut ada dana asing yang masuk Indonesia Corruption Watch (ICW) sejumlah Rp 96 milyar terkait dengan KPK.

“Pasti tidak pernah ada aliran dana tersebut. Saya kira kalau hal tersebut dibicarakan oleh pihak-pihak tertentu, itu sangat keliru dan informasi yang diterima pihak ICW telah membantah,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Selain itu, KPK juga tidak pernah menerima aliran dana kecuali dari negara karena lembaga antirasuah sangat patut pada mekanisme keuangan negara.

“Justru KPK tidak pernah menerima aliran dana, karena kami memiliki mekanisme sesuai dengan mekanisme keuangan negara yang ada KPK, dananya dari APBN, seperti itu,” tandasnya.

Febri juga menegaskan, bahwa dana hibah kepada organisasi tertentu harus sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia. Menurutnya, KPK bisa mengklarifikasi berbagai tudingan.

“Kalau dana hibah, sebenarnya kan dimungkinkan menurut aturan hukum yang berlaku. Itu kan harus dibahas secara rinci saya kira. Bahwa banyak sekali tuduhan sekarang, satu per satu bisa kita klarifikasi dan kita jelaskan,” kata Febri.

Sebelumnya, Romli menyamaikan kepada Pansus Angket KPK, seharusnya ICW sebagai LSM yang bergerak dalam bidang korupsi, mengkritik ataupun mengawasi kerja KPK secara independen.

Menurut Romli, ICW tidak menyamapaikan itu karena ada dana asing sebesar Rp 96 milyar sehingga ICW dan KPK harus dimintai keterangan oleh Pansus Angket KPK.

“Perlu ICW dipanggil ke sini untuk klarifikasi. Tolong ICW dipanggil, ditanya uang sebanyak itu untuk apa. Saya yakin ada persoalan antara KPK dengan ICW,” ujar Romli.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close