Hukum

KPK Duga Dirut Quadra Serahkan Duit kepada Setya Novanto

BTN iklan

Jakarta, LEI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga Direktur Utama (Dirut) PT Quadra Solution, Anang Sugiyana Sudihardjo (ASS), menyerahkan uang kepada Ketua DPR RI Setya Novanto (SN) terkait proyek pengadaan e-KTP di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun anggaran 2011-2012.

“ASS diduga berperan dalam penyerahan uang terhadan SN dan sejumlah anggota DPR RI terkait proyek e-KTP,” kata Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif dalam konferensi pers di KPK, Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Selain itu, Anang juga diduga diminta menyiapkan uang sejumlah US$ 500.000 dan Rp 1 milyar untuk diserahan kepada anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Hanura, Miryam S Haryani.

“ASS juga diduga membantu penyediaan uang tambahan untuk bantuan hukum Ditjen Dukcapil sebesar Rp 2 milyar dan kebutuhan lainnya terkait proses proyek KTP elektronik,” kata Syarif.

KPK menduga Anang bersama-sama Setya Novanto, Andi Agustinus alias Andi Narogong, Irman, dan Sugiharto serta pihak lainnya melakukan perbuatan melawan hukum untuk memperkaya diri seendiri atau orang lain atau satu korporasi sehingga merugikan keuangan negara sekitar Rp 2,3 trilyun.

“Bahwa dari fakta-fakta yang kita dapatkan, ASS diduga melakukan bersama-sama dengan SN, Andi Agustinus, Irman, dan Sugiharto dan kawan-kawan,” kata Syarif.

KPK menyangka Anang melanggar Pasal 2 Ayat (1) subsider Pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami