Hukum

KPK Koordinasi LAPD dan FBI Soal Penyebab Kematian Johannes Marliem

BTN iklan

Jakarta, LEI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan koordinasi dengan Los Angles Police Departement (LAPD) dan Federal Bureau of Investigation (FBI) untuk mengetahui penyebab tewasanya Direktur Biomorf Lone LLC, Johannes Marliem.

“Nanti kita masih koordinasi dulu, pasti harus lah koordinasi,” kata Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, melalui pesan singkat, Sabtu (12/8).

KPK melakukan koordinasi setelah menerima informasi tentang tewasnya saksi penting kasus korupsi e-KTP dari kedua lembaga penegak hukum di Amerika Serikat (AS) tersebut.

“Biarkan apgakum (aparat penegak hukum) AS bekerja dulu, kita tunggu laporan mereka saja, karena almarhum kan warga AS. Kita tunggulah perkembangannya seperti penyebabnya,” kata Saut.

Biomorf Lone LLC merupakan perusahaan yang menyediakan layanan teknologi biometrik. Perusahaan itu merupakan pemasok alat pengenal sidik jari atau automated fingerprint identification system (AFIS) ke konsorsium penggarap e-KTP tahun 2011-2013.

Johannes Marliem dikabarkan meninggal dunia karena bunuh diri. Dia merupakan saksi penting dalam kasus e-KTP karena mengaku memiliki rekaman pertemuan dengan para perancang proyek e-KTP.

Pertemuan itu disebut-sebut dihadiri Setya Novanto, mantan Ketua Fraksi Partai Golkar yang kini menjabat Ketua DPR RI. Marliem dikabarkan menyimpan rekaman itu selama 4 tahun.

Soal informasi yang beredar itu, Saut mengaku belum mendapatkan informasi. Ia hanya menyatakan bahwa KPK akan terus melakukan penyidikan kasus korupsi e-KTP dengan bukti-bukti yang sudah didapatkan.

“Saya belum dengar rekaman atau baca dokumen tentang apa yang almarhum sebutkan di media, apa kualitas dan kuantitas buktinya seperti apa, apa berguna buat KPK atau tidak. Tunggu dulu lah kita masih mau konfirmasi dulu seperi apa posisi yang bersangkutan dalam kaitan bukti-bukti,” kata Saut.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami