Hukum

KPK Lakukan OTT di Surabaya

BTN iklan

Jakarta, LEI – Tim Satuan Tugas Komisi Pemberantasan Korupsi (Satgas KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap sejumlah pihak di Surabaya, Jawa Timur (Jatim),  Senin kemarin (5/6/2017).

“Benar (KPK melakukan OTT di Surabaya, Jatim),” kata Ketua KPK Agus Rahardjo di Jakarta, Selasa (6/6/2017), mengkonfirmasi soal kabar OTT.

Agus tidak bersedia menjelaskan lebih lanjut soal OTT kali ini, termasuk siapa saja pihak yang ditangkap, jumlah uang yang disita, serta kasus suapnya karena baru akan disampaikan pada konferensi pers hari ini.

Informasi yang dihimpun, Satgas KPK dikabarkan menangkap 5 orang dalam OTT di Surabaya, Jatim, tersebut di antaranya perantara dari pihak dinas dan sempat memburu seorang penyelenggara negara dari Komisi B DPRD Jawa Timur, karena melarikan diri.

Satgas KPK menyegel ruang kerja Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur, Mochammad Basuki.
OTT tersebut disebut-sebut terkait dengan permintaan atau penggalangan uang ”upeti” untuk tunjangan hari raya (THR) kepada sejumlah dinas di Provinsi Jatim.

Setelah mengamankan pihak-pihak yang diduga terlibat, Tim Satgas melakukan pemeriksaan intensif di Surabaya. Kemudian tim membawa hasil buruannya ke kantor KPK di Jakarta, pagi ini.

Kelima orang yang diamankan Tim Satgas KPK masih berstatus sebagai saksi. Namun statusnya akan ditentukan setelah 1×24 jam menjalani pemeriksaan intensif, termasuk menentukan kasusnya.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Senin malam, membenarkan bahwa pihaknya telah menyegel ruang kerja ketua Komisi B DPRD Jawa Timur, Mochammad Basuki.

“Ya, hari ini [Senin] ada kegiatan tim di lapangan, di daerah Jawa Timur. Namun kita masih cek lebih lengkap lagi kegiatan tersebut dalam konteks apa. Dan informasi lainnya akan diupdate nanti,” kata Febri, Senin malam.

Febri menyatakan, bahwa di lapangan, pihaknya masih melakukan serangkaian penindakan di wilayah Surabaya, Jawa Timur. Namun ia belum bersedia menyampaikan secara spesifik soal penindakan tersebut kepada media.

“Kegiatannya yang merupakan kewenangan KPK, di bidang penindakan‎. Intinya, bahwa benar ada kegiatan di Jawa Timur,” ujarnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami