Hukum

KPK Periksa Keluarga Zumi Zola untuk Usut Perolehan Aset

BTN iklan

Jakarta, LEI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa sejumlah keluarga Gubernur Jambi non aktif Zumi Zola untuk memastikan apakah sejumlah aset tersangka itu hasil tindak pidana korupsi atau tidak.

“Kita klarifikasi terkait segala aset-aset. Karena aset-aset dari tersangka tentu kita perlu dalami apakah pihak keluarga ini mengetahui asal-usul atau sumber dari aset tersebut,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Jakarta, Senin malam (28/5/2018).

Menurut Febri, beberapa hari lalu penyidik memeriksa sejumlah anggota keluarga Zumi Zola, mulai dari istri, ibu, hingga adiknya. Selain memastikan perolehan sejumlah aset, penyidik mengonfirmasi soal uang milyaran rupiah yang ditemukan di vila milik Zumi Zola saat digeledah penyidik.

“Kemarin beberapa saksi dari keluarga memang kita panggil. Poinnya kita periksa terkait dengan temuan uang di vila waktu itu yang kita sita. Kita tentu tanya sejauh mana pengetahuan dari keluarga dan apakah terkait gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan atau tidak,” kata Febri.

Menurut Febri, sejumlah aset milik tersangka Zumi Zola harus didalami untuk memastian apakah itu clear atau tidak dari tindak pidana korupsi. Sebab, KPK tengah menyidik kasus dugaan gratifikasi sekitar Rp 6 milyar yang diterima Zumi dan anak buahnya, Arfan yang menjabat Plt Kadis PUPR Jambi.

“Tentu kita perlu dalami apakah pihak keluarga ini mengetahui asla-usul atau sumber dari aset tersebut. Karena kita sekarang kan sedang melakukan penyidikan dalam sangkaan gratifikasi terhadap tersangka ZZ dan ARN,” kata Febri.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami