Hukum

KPK Periksa Politikus PAN Soal Korupsi Al Quran

BTN iklan

Jakarta, LEI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus memeriksa saksi-saksi untuk mengusut kasus korupsi pengadaan Al Quran dan laboratorium MTs di Kementerian Agama (Kemenag) yang membelit tersangka Fahd El Fouz alias Fahd A Rafiq.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Selasa (16/5/2017), mengatakan, hari ini penyidik memanggil mantan Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PAN, Dewi Coryati, untuk dimintai keterangan sebagai saksi.

KPK pada tanggal 10 Mei lalu pernah memanggil Dewi untuk menjalani pemeriksaan. “Dia (hari ini) diperiksa sebagai saksi untuk tersangka FEF (Fahd El Fouz alias Fahd A Rafiq),” katanya.

KPK menetapkan Ketua Umum Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) ini sebagai tersangka kasus suap pengurusan anggaran dan pengadaan Kitab Suci Al Quran tahun Anggaran 2011-2012 dan pengadaan laboratorium komputer MTs di Kementerian Agama (Kemenag) karena diduga menerima suap.

Fahd menerima suap dari pihak tertentu bersama-sama dengan Zulkarnaen Djabar selaku Anggota Komisi VIII DPR RI periode 2009-2014 dan Dendy Prasetya Zulkarnaen Putra. “Indikasi penerimaan Rp 3,4 milyar,” katanya.

Atas perbuatan tersebut, KPK menyangka Fahd El Fouz atau Fahd A Rafiq melanggar Pasal 12 huruf b subsidair Pasal 5 Ayat (2) juncto Ayat (1) huruf b, lebih subsidiair Pasal 11 Undang Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 dan Pasal 65 KUHP.

Fahd El Fouz atau Fahd A Rafiq
merupakan tersangka ketiga dalam kasus ini. Penetapan tersangkanya pun merupakan hasil pengembangan dari perkara sebelumnya yang sudah diputus oleh pengadilan.

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menghukum Zulkarnaen Djabar 15 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider 1 bulan kurungan. Dendy Prasetya Zulkarnaen Putra divonis 8 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider 4 bulan kurungan.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami