Hukum

KPK Periksa Yasonna Tentang e-KTP, Besok

BTN iklan

Jakarta, LEI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM), Yasonna Hamonangan Laoly, Senin besok (3/7/2017), dalam kasus korupsi e-KTP yang membelit tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong.

“Benar (KPK akan memeriksa Yasonna untuk tersangka Andi Narogong), ada agenda pemeriksaan saksi-saksi kasus e-KTP mulai besok,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, melalui pesan singkat Minggu malam (2/7/2017).

Bukan hanya Yasonna, penyidik KPK juga akan memeriksa sejumlah anggota DPR RI saat e-KTP bergulir karena mereka diduga mengetahui soal proyek tersebut, termasuk soal aliran dana suap.

“Sejumlah anggota DPR-RI yang saat itu kita pandang mengetahui atau diduga mendapatkan aliran dana atau untuk pendalaman informasi lain yang relevan, direncanakan akan diperiksa minggu depan,” ujar Febri.

Pemanggilan Yasonna dalam kapasitasnya sebagai mantan Anggota Komisi II DPR RI saat e-KTP bergulir. Terlebih dalam surat dakwaan Irman dan Sugiharto, jaksa penuntut umum KPK menyebut Yasonna kecipratan uang dari e-KTP sejumlah US$ 84,000.

Yasonna beberapa kali membantah dakwaan jaksa terhadap Irman dan Sugiharto. Namun dia dua kali tidak memenuhi panggilan KPK untuk dimintai keterangan untuk tersangka Irman dan Sugiharto.

KPK menetapkan Andi Narogong sebagai tersangka karena diduga bersama-sama dengan terdakwa Irman dan Sugiharto, serta pihak lainnya melakukan perbuatan melawan hukum untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain atau korporasi dalam proyek e-KTP.

Atas ulah mereka dan pihak lainnya yang dinyatakan bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi tersebut, negara mengalami kerugian keuangan sekitar Rp 2,3 trilyun dari proyek senilai Rp 5,9 trilyun.

KPK menyangka Andi melanggar Pasal 2 Ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 juncto Pasal 64 KUHP.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami