Hukum

KPK Siap Hadapi Praperadilan Novanto di PN Jaksel

BTN iklan

Jakarta, LEI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap menghadapi praperadilan tersangka Setya Novanto yang telah diajukan oleh tim kuasa hukumnya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. KPK siap meladeni karena mempunyai bukti kuat dugaan keterlibatan Novanto dalam kasus korupsi e-KTP.

“Tentu kami KPK akan menghadapi praperadilan ini, kami yakin dengan bukti yang dimiliki,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Jakarta, Selasa (5/9/2017).

KPK optimistis bisa meladeni kubu tersangka Novanto karena sudah mengantongi bukti-bukti yang kuat tentang dugaan keterlibatan Setya Novanto dalam kasus korupsi e-KTP di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Terlebih, lanjut Febri, selama dua bulan penyidikan berjalan, pihaknya menemukan barang bukti baru. “Secara hukum kami sangat yakin bisa melewati ini dengan baik. Sehingga penanganan kasus e-KTP ini bisa dituntaskan,” ujarnya.

Sedangkan untuk mengusut dan menguatkan bukti-bukti yang sudah dimiliki, penyidik KPK sudah memeriksa sekitar 108 saksi dari berbagai kalangan, mulai anggota dan mantan anggota DPR, eksekutif, swasta serta pihak-pihak lainnya.

“Dari pemeriksaan saksi itu, kita semakin yakin, konstruksi kasus ini semakin kuat. Apalagi proses persidangan untuk terdakwa yang lain, Andi Agustinus sedang berjalan di Pengadilan,” kata Febri.

Dalam sidang terdakwa Andi Narogong di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta tersebut terungkap fakta-fakta baru. “Banyak fakta baru yang terungkap di sana, terutama terkait dengan indikasi transaksi keuangan atau aliran dana sehubungan dengan kasus e-KTP ini,” ujarnya.

KPK mengaku belum mendapatkan panggilan untuk menghadiri sidang praperadilan dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. “Saya sudah cek ke Hiro Hukum. Sampai saat ini, kami belum menerima surat panggilan untuk sidang. Kami juga belum menerima berkas dari praperadilan itu,” ujarnya.

Sebelumnya, Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, I Made Sutrisna, menyamapaikan, Setya Novanto mengajukan permohonan praperadilan pada Senin, 4 September 2017.

Adapun hakim yang ditujuk menangani praperadilan Setnov, dalah Cepi Iskandar. Gugatan praperadilan Setnov terdaftar dengan register Nomor 97/Pid.Prap/2017/PN Jak.Sel.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami