Hukum

KPK Sita Uang Ratusan Juta Saat OTT Bupati Imas

BTN iklan

Jakarta, LEI – Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang sekitar ratusan juta rupiah dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Subang, Imas Aryumningsih pada Selasa kemarin (13/2/2018).

“Dalam peristiwa tangkap tangan tersebut, ada sejumlah uang juga yang kami amankan sebagai bukti. Nilainya nanti akan disampaikan pada konferensi pers sore ini. Estimasinya sekitar ratusan juta rupiah,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Dalam OTT kali ini, KPK juga menangkap 8 orang yang salah satu di antaranya adalah Bupati Imas. “Kita amankan 8 orang tadi malam. Kemudian kita bawa ke kantor KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan masih berlangsung hingga hari ini,” katanya.

Adapun 7 orang lainnya yang ditangkap di antaranya kurir suap, pihak swasta, serta pejabat dan pegawai pemerintahan Kabupaten Subang.

“Ada kepala daerah, ada pihak swasta, ada juga pihak macam perantara yang juga kita amankan. Ada pejabat dan juga pegawai setempat,” katanya.

Suap menyuap yang diduga melibatkan Bupati Imas tersebut diduga terkait dengan perizinan di Subang. “Izin prinsip tentang penggunaan lahan oleh perusahaan-perusahaan tertentu,” ujarnya.

KPK kembali melakukan OTT di Subang setelah kembali menerima laporan masyarakat bahwa akan terjadi penyerahan uang yang melibatkan penyelenggara negara. Tim kemudian melakukan pengecekan di Subang, Jawa Barat (Jabar).

“Kemudian kami cek ke lapangan. Kita konfirmasi dan klarifikasi juga memang benar ada bukti-bukti awal yang kita dapatkan, sehingga kita amankan 8 orang tadi malam,” katanya.

Setelah itu, tim membaca kedelapan orang tersebut ke kantor KPK, Jakarta, untuk pemeriksaan lebih lanjut. Saat ini, kedelapan orang tersebut masih menjalani pemeriksaan untuk menentukan statusnya.

“Sesuai dengan KUHAP, KPK diberikan waktu paling lama satu kali 24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang diamankan dalam peristiwa tangkap tangan tersebut,” ujarnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami