Hukum

KPK Tangkap 10 Orang dan Amankan Uang Rp 1 Milyar

BTN iklan

Jakarta, LEI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap anggota DPRD dan pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi serta pihak swasta. Dalam operasi tangkap tangan (OTT) ini, Tim Satgas KPK juga mengamankan uang sekitar Rp 1 milyar lebih.

“Tim bidang penindakan yang dilakukan di dua daerah. Pertama di Jambi dan juga di Jakarta. Dalam kegiatan tim bidang penindakan tersebut, kami mengamankan sejumlah orang, informasinya sejauh ini sekitar 10 orang diamankan di Jambi dan di Jakarta,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Sepuluh orang itu yakni 3 orang ditangkap di Jakarta dan 7 orang lainnya di Jambi. Mereka terdiri dari penyelenggara negara di daerah, yakni anggota DPRD setempat. Kemudian ada pejabat dan pegawai di Pemprov Jambi serta pihak swasta.

“Dalam kegiatan ini, KPK juga mengamankan sejumlah uang. Tadi masih proses penghitungan Karena tim sebagian masih di Polda Jambi. Sejauh ini kita dapatkan informasinya uang yang diamankan sekitar lebih dari Rp 1 milyar,” kata Febri.

Uang sejumlah Rp 1 milyar lebih tersebut diduga merupakan suap kepada penyelenggara negara atau anggota DPRD Jambi terkait dengan pembahasan dan proses APBD tahun 2018 Pemprov Jambi.

“Dugaan penerimaan terjadi di Jambi. Jadi uang kita temukan ada di Jambi. (Yang ditangkap) ada pihak swasta di Jakarta, namun juga ada pihak swasta di Jambi,” katanya.

Namun Febri belum bersedia menyampaikan suap itu terkait pengesahan anggaran proyek apa. “Belum bisa kita sampaikan secara spesifik. Dalam APBD itu kan ada proses penyusunan dan pembahasan, ada proses pengesahan. Kami tentu belum bisa sampaikan bagian mana yang dipengaruhi terkait pemberian sejumlah uang ini,” katanya.

Namun intinya, tandas Febri, ada dugaan pemberian sejumlah uang kepada penyelenggara negara terkait dengan proses APBD Pemprov Jambi tahun angggaran 2018. “Untuk mereka yang diamankan di Jakarta, sudah dibwa ke gedung KPK untuk dilakukan proses pemeriksaan lebih lanjut sampai dengan besok,” katanya.

Sedangkan 7 orang yang ditangkap di Jambi, sampai saat ini masih dilakukan proses pemeriksaan, klarifikasi awal terkait dengan peristiwa yang terjadi. “Kita juga ucapankan terima kasih tim dari Polda Jambi yang membantu operasi ini,” katanya.

KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status 10 orang yang ditangkap di Jambi dan Jakarta. “Tentu tim terlebih dahulu harus melakukan proses awal, kita punya waktu sekitar 24 jam sampai dengan penentuan status dari pihak-pihak yang diamankan tersebut,” katanya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close