Hukum

KPK Tangkap Anggota DPR Eni Saragih dan 11 Orang Lainnya

BTN iklan

Jakarta, LEI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Wakil Ketua Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eni Maulani Saragih, serta 11 orang lainnya karena diduga terlibat kasus suap. Mereka ditangkap melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar KPK di Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Tim KPK menangkap Eni saat yang bersangkutan menghadiri acara ulang tahun anak Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham di rumah dinas Mensos di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan. Namun Febri tidak bersedia menyebut nama legislator yang dicokok dan hanya membenarkan pihaknya melakukan OTT.

“Yang bisa kami sampaikan saat ini, memang benar ada kegiatan tim penindakan di Jakarta,” kata Febri.

Dalam OTT tersebut, tim KPK juga menangap 8 orang lainnya. Dengan demikian, sudah ada 9 orang yang ditangkap dalam operasi senyap ini. Mereka terdiri dari anggota DPR RI, staf ahli, supir, dan pihak swasta.

“KPK mengamankan uang rupiah ratusan juta. Kami duga terkait dengan tugas di Komisi VII DPR RI,” ujar Febri.

KPK menggelar OTT ini setelah mendapat laporan dari masyarakat bahwa diduga akan ada penyerahan uang. “Setelah ada informasi dari masyarakat yang kami kroscek ke lapangan, ditemukan bukti-bukti telah terjadi transaksi antara swasta dan penyelenggara negara,” ujarnya.

Tim KPK kembali melakukan penangkapan terhadap 3 orang lainnya pada Jumat malam.  Sehingga total yang diamankan adalah 12 orang. Mereka masih dalam proses pemeriksaan secara intensif di kantor KPK.

“Tiga orang dari pihak yang masih terkait dengan anggota DPR yang diamankan kemarin. Mereka dinilai mengetahui bagian dari rangkaian peristiwa dalam kasus ini,” kata Febri.

KPK akan menyampaikan hasil OTT kemarin pada konferensi pers pada sore ini atau malam nanti. “Tentu termasuk status hukum perkara ini dan orang-orang yang diduga terlibat,” katanya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close