Hukum

KPK Terus Lakukan Pendidikan Antikorupsi

BTN iklan

Jakarta, LEI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melaksanakan sosialisasi dan pendidikan antikorupsi guna meningkatkan partisipasi dan menjadikan masyarakat sebagai agen antikorupsi.

“Hal ini dilakukan melalui sejumlah program, misalnya dengan melibatkan para guru untuk membuat karya tulis antikorupsi melalui Teacher Super Camp,” kata Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan dalam konferensi pers Kinerja KPK Tahun 2017 di KPK Jakarta, Rabu (27/12/2017).

Kemudian, lanjut Basaria, upaya mencetak penyuluh antikorupsi melalui Master Camp, melibatkan pemuda dan anggota komunitas untuk melakukan perubahan di tengah masyarakat pada program Youth Camp, serta segmen mahasiswa dengan gelaran Festival Integritas Kampus dan menyasar kaum perempuan melalui Gerakan Nasional Saya Perempuan Anti Korupsi (GN SPAK).

Tak hanya ragam segmen yang disasar, KPK juga menggunakan ragam cara, tak terkecuali cara-cara kreatif dalam menyebarkan pesan antikorupsi dan membangun karakter antikorupsi. Misalnya saja dengan menggelar Festival Lagu Suara Antikorupsi (SAKSI) yang diikuti dengan Konser Suara Antikorupsi dan pembuatan album para pemenang.

“Di tahun kedua penyelenggaraannya kegiatan ini diikuti oleh ratusan pemusik dari seluruh Indonesia dari beragam genre musik pada 5 regional, yakni Bandung, Surabaya, Makassar, Medan dan Palembang,” katanya.

Dengan harapan dapat lebih luas lagi menularkan pemahaman akan bahaya korupsi bagi bangsa dan mencetak lebih banyak agen antikorupsi, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan di tahun ini KPK meresmikan Lembaga Sertifikasi Penyuluh (LSP) P-II KPK.

“Standarisasi profesi bagi penyuluh antikorupsi ini disusun bersama dengan BNSP. Melalui standar tersebut, mereka yang memiliki integritas dan kompetensi di bidangnya masing-masing siap terjun menjadi agen-agen perubahan pembentuk karakter bangsa yang berintegritas tinggi,” ujarnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami