Hukum

KPK Tetapakan Dirut Quadra Tersangka Korupsi e-KTP

BTN iklan

Jakarta, LEI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Direktur Utama (Dirut) PT Quadra Solution, Anang Sugiyana Sudihardjo (ASS), sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun anggaran 20011-2012 setelah menemukan bukti permulaan yang cukup.

“KPK tetapkan saudara ASS, Direktur Utama PT Quadra,” kata Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif dalam konferensi pers penetapan tersangka Anang di KPK, Jakarta, Rabu (27/9/2017).

KPK menetapkan Anang sebagai tersangka di antaranya setelah mencermati fakta-fakta persidangan para terdakwa kasus korupsi e-KTP di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

“Setelah mencermati fakta-fakta persidangan terhada para terdakwa e-KTP yang telah disidangkan antara lain Irman dan Sugiharto, dan Andi Agustinus yang persidangannya sedang berlangsung,” kata Syarif.

Dalam kasus ini, KPK menduga Anang bersama-sama Setya Novanto, Andi Agustinus alias Andi Narogong, Irman, dan Sugiharto serta pihak lainnya melakukan perbuatan melawan hukum untuk memperkaya diri seendiri atau orang lain atau satu korporasi sehingga merugikan keuangan negara sekitar Rp 2,3 trilyun.

“Bahwa dari fakta-fakta yang kita dapatkan, ASS diduga melakukan bersama-sama dengan SN, Andi Agustinus, Irman, dan Sugiharto dan kawan-kawan,” kata Syarif.

KPK menyangka Anang Sugiyana Sudihardjo melanggar Pasal 2 Ayat (1) subsider Pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close