Hukum

KPK Tetapkan Zumi Zola jadi Tersangka Suap RAPBD Jambi 2018

BTN iklan

JAMBI, (LEI) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini menetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola sebagai tersangka suap penyusunan RAPBD 2018. Selain sebagai gubernur, mantan artis peran itu juga menjadi ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jambi.

Kabar tentang Zumi Zola sebagai tersangka suap pun sudah sampai ke Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Menurut Zulkifli, partainya tentu menghormati proses hukum yang dilakukan KPK.

“Kami hormati proses hukum,” ujar Zulkifli, Rabu (31/1).

Kendati demikan, Zulkifli menegaskan bahwa PAN akan memberikan advokasi untuk Zumi. Sebab, hal itu menjadi hak bagi semua kader PAN. “Tentu (PAN memberikan bantuan hukum, red),” ujar ketua MPR RI itu.

Zumi pun berpendapat senada. Dia akan mengikuti proses hukum di KPK. “Saya hormati keputusan KPK dan saya akan ikuti prosedur hukumnya,” ujar Zumi.

 

Sebelumnya sumber di internal KPK menyebut gubernur Jambi yang dilantik pada 12 Februari 2016 itu telah menyandang status tersangka korupsi sejak pekan lalu. Penetapan tersangka itu sebagai tindak lanjut pengembangan penyidikan kasus suap RAPBD Jambi 2018.

Bahkan KPK juga sudah mengirim tim penyidik untuk menggeledah rumah Zumi di Jambi. Namun, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang masih belum secara terbuka menyebut status tersangak untuk Zumi.

Zumi Zola mengatakan bahwa apabila dibutuhkan, dia siap memberikan keterangan berkaitan dengan penggeledahan.

“Insya Allah siap sebagai bentuk dukungan kepada proses hukum yang berlaku,” tuturnya.

Saut menegaskan, KPK ketika mengambil keputusan tentu sudah melalui pertimbangan matang dan penuh kehati-hatian. “Tunggu saja. Pokoknya ada perkembangan signifikan,” pungkasnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami