Hukum

KPK: Zumi Zola Ajukan Diri Jadi JC

BTN iklan

Jakarta, LEI – Gubernur Jambi non aktif Zumi Zola mengajukan permohonan untuk menjadi Justice Collaborato (JC) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi sekitar Rp 6 milyar yang membelitnya.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di KPK, Jakarta, Senin malam (28/5), mengatakan, yang bersangkutan mengajukan permohonan tersebut pada pekan kemarin melalui penasihat hukumnya.

“Pemeriksaan kepada sejumlah saksi untuk tersangka ZZ (Zumi Zola) ya, dalam kasus di Jambi. Jadi saya dapat informasi dari penyidik, ZZ mengajukan diri sebaga JC melalui kuasa hukumnya,” kata Febri.

KPK akan mempertimbangkan permohonan tersebut dengan menilai kesunggungan tersangka Zumi Zola untuk memenuhi kriteria atau syarat untuk menjadi JC, sehingga tidak bisa langsung memutuskan menolak atau menerima.

“Tentu saja kita akan melihat terlebih dahulu apakah pengajuan tersebut serius atau tidak. Karena kalau pengajuan sebaga JC serius, tentu dimulai dari pengakuan perbuatannya, bersikap kooperatif, dan membuka peran pihak lain secara signifikan,” kata Febri.

Menurut Febri, KPK sudah mempunyai banyak pengalaman untuk menilai layak tidaknya seorang tersangka atau terdakwa menjadi JC karena sudah banyak menangani kasus korupsi.

“Kami sudah punya pengalaman yang cukup banyak terkait dengan respons terhada pengajuan JC itu. Kalau tidak serius kami pasti akan tolak, tapi kalau serius akan kita pertimbangkan,” kata Febri.

KPK menetapkan Zumi Zola dan Arfan karena baik bersama-sama maupun sendiri-sendiri diduga menerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di Provinsi Jambi dan penerimaan lain dalam kurun jabatannya sebagai Gubernur Jambi periode 2016-2021 sejumlah sekitar Rp 6 milyar.

KPK pun saat ini sedang mendalami dugaan pemberian uang kepada Zumi dan Arfan terkait proyek-proyek di Pemprov Jambi tersebut. Zumi dan Arfan disangkakan Pasal 12 B atau pasal 11 UU No. 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Pasal 12 B mengatur tentang setiap gratifikasi kepada pegawai negeri atau kantor negara yang berhubungan dengan jabatan dan yang berkaitan dengan kewajiban atau tugasnya, dengan ancaman pidana paling pendek 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan pidabna denda setidaknya sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 milyar.

Selain itu, tersangka Arfan selaku Kabid Binamarga Dinas PUPR provinsi Jambi dan juga sebagai pejabat pembuat Komitmen merangkap Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi yang menerima proyek-proyek terkait di Dinas PUPR provinsi Jambi tahun 2014-2017 dan langganan lain.

Tangkap Tangan (OTT) KPK pada 29 November 2017 lalu Terhadap Plt Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Erwan Malik, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi Arfan, dan Asisten Daerah Bidang III Provinsi Jambi Saifudin dan anggota DPRD Provinsi Jambi 2014-2019 Supriono.

KPK menetapkan Supriono sebagai tersangka penerima suap, sedangkan pegawai suap adalah Erwan, Arfan dan Saifuddin. Artinya, Arfan ditetapkan sebagai tersangka untuk dua kasus yang berbeda. Total uang yang diamankan dalam OTT itu adalah Rp 4,7 milyar.

Pemberian uang itu adalah agar anggota DPRD Provinsi Jambi bersedia hadir untuk pengesahan RAPBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2018 karena para anggota DPRD itu berencana tidak hadir dalam rapat pengesahan RAPBD 2018 karena tidak adaIT dari pihak Pemprov.

Untuk memuluskan proses pengesahan tersebut, telah dikeluarkan berbagai uang yang disebut sebagai “uang ketok”. Pencarian uang yang dilakukan pada pihak swasta yang sebelumnya telah menjadi rekanan Pemprov.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

47 Komentar

  1. bacheca incontri gay napoli arminse rifles bakeka incontri lecce gay
    gay incontri cremona chat de murcia gratis vivastreet incontri gay roma
    incontri mestre gay Florida dating discord servers incontri gay siracusa e provincia
    bakeca incontri como gay Online dating for professionals los angeles ca giulianova incontri gay
    incontri gay ragazzi arminse segunda mano bakeca incontri gay cuneo
    incontri di lotta gay trabajo en alicante urgente incontri gay siti
    incontri gay ravenna bakeca ludicum a coruГ±a matera incontri gay
    incontri gay a campobasso lloret de mar gay bakeka incontri gay sassari
    incontri gay alessandria tony spina gay app incontri sesso gay

  2. bakeka incontri gay caltanissetta chico busca chico en tarragona bakeka incontri gay latina
    bacheca incontri gay pisa comprar tabaco de liar por internet incontri gay hiv
    bakeca incontri gay taranto terra chat teruel incontri gay mi
    incontri gay nrescia milanuncio don benito luoghi incontri gay ravenna
    incontri trav e gay enna Britain dating usa milano bakeca incontri gay
    gay trieste incontri chico busca chico tarragona bakeka incontri milano gay
    bacheca incontri gay venezia Shemale dating in phoenix incontri gay a madrid
    incontri gay lodi milanuncios huelva gay incontri gay nuoro
    incontri gay puacenza milanuncio servicio domestico madrid video porno gay incontri

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami