KPPU Putus Perkara Dugaan Monopoli Gas Industri di Sumatra Utara – Legal Era Indonesia
Hukum-Bisnis

KPPU Putus Perkara Dugaan Monopoli Gas Industri di Sumatra Utara

Bagikan ke:

JAKARTA/Lei  – Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU akan menggelar pembacaan putusan perkara dugaan Monopoli Gas Industri Sumatra Utara oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk., Selasa, (14/11).

Sidang pembacaan putusan perkara laporan dengan No. 09/KPPU-L/2016 itu, akan dilaksanakan di Ruang Pemeriksaan, Kantor Perwakilan Daerah KPPU Medan, Pukul 10.00 WIB.

Berdasarkan hasil investigasi, PT PGN diduga menetapkan harga sepihak tanpa mempertimbangkan kemampuan daya beli pelanggan gas industri di Medan. PGN memanfaatkan porsi monopolinya untuk menetapakan harga sepihak yang sangat tinggi  , dan hal ini menyulut kekecewaan pelaku usaha di Medan  karena harus membeli gas dengan harga yang sangat mahal untuk kebutuhan industri.

Kuasa hukum PGN M. Yahdi Salampessy mengatakan dengan kondisi yang ada harusnya tingkat harga gas di Medan lebih mahal, tetapi malah lebih murah karena subsidi di sana.

“Mengenai putusan, kami tetap menantikan. Aka tetapi, kalau bicara keyakinan, kan harga gas di sana tidak ditentukan oleh PGN sendiri, jadi kami merasa tidak bersalah,” katanya.

Dalam sanggahannya, perusahaan gas pelat merah ini berpedoman pada Peraturan Menteri ESDM No. 21 tahun 2008 tentang Pedoman Penetapan Harga Jual Bahan Bakar Minyak dan Gas Bumi serta Permen ESDM No. 19 tahun 2009 tentang Kegiatan Usaha Gas Bumi Melalui Pipa.

iklan btn

Click to comment

Komentar Anda...

To Top