HukumPKPU

Krakatau Engineering Lolos PKPU

BTN iklan

Jakarta, LEI – PT Krakatau Engineering lolos dari status penundaan kewajiban pembayaran utang, seiring dengan putusan majelis hakim Pengadilan Niaga Jakarta yang menolak permohonan yang diajukan oleh dua vendornya.

Dengan demikian, anak usaha PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. ini tidak harus merestrukturisasi utangnya lewat pengadilan niaga.

Dalam sidang putusan perkara dengan No.168/Pdt.Sus-PKPU/2017/PN.Jkt.Pst yang digelar pada Rabu (24/1), majelis hakim yang dipimpin oleh Marulak Purba menolak permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) yang diajukan oleh PT SLS Bearindo (pemohon I) dan PT Sapta Asien Mid East (pemohon II).

“Mengadili, menolak permohonan PKPU terhadap PT Krakatau Engineering,” ujar Marulak membacakan amar putusan, Rabu (24/1).

Majelis menimbang bahwa PT Krakatau Engineering (termohon) tidak terbukti memiliki utang kepada para pemohon PKPU. Pasalnya, utang tersebut sudah lunas.

Hal ini dibuktikan dengan surat keterangan lunas dari direksi PT Krakatau Engineering. Oleh karena itu, lanjut Marulak, permohonan PKPU harus ditolak karena tidak sesuai dengan UU No.37/2004 tentang Kepailitan dan PKPU.

Dalam permohonan PKPU, pemohon I dari PT SLS Bearindo mengklaim memiliki tagihan Rp1,2 miliar.

Dalam berkas gugatan yang diterima Bisnis sebelumnya, pemohon I merupakan sub kontraktor Krakatau Engineering. Pemohon I menyuplai barang untuk proyek pembangunan pabrik kelapa sawit di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Sementara itu, pemohon II dari PT Sapta Asien Mid East memiliki piutang Rp163,05 juta. Pemohon II merupakan sub kontraktor yang mengerjakan proyek EPC UP-Grading Unit Produksi Pelumas Jakarta, Tanjung Priok.

Kedua pemohon mengajukan nama kreditur lain yaitu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., dan PT BNI Syariah.

Nama kreditur lain ini diambil dari laporan keuangan konsolidasian PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. dan entitas anak tertanggal 30 September 2017.

Terkait dengan putusan majelis hakim tersebut, kuasa hukum PT Krakatau Engineering (termohon) Arnol Sinaga mengapresiasi amar putusan.

“Pertimbangan majelis hakim sudah sesuai dengan jawaban kami,” katanya usai sidang putusan, Rabu (24/1).

BAYAR LUNAS

Dalam jawabannya, Arnol menyebutkan bahwa penyelesaian utang di luar pengadilan sudah dilakukan kepada para pemohon.

“Kami sudah bayar lunas kepada para pemohon per awal Januari. Kami sudah tidak ada utang,” katanya usai sidang jawaban, Rabu (24/1).

Dengan begitu, dia menolak dengan tegas permohonan PKPU para pemohon.

Dalam jawabannya, Krakatau Engineering mengakui memiliki utang kepada pemohon I sebesar Rp1,2 miliar. Namun, termohon telah membayar kewajibannya secara lunas pada 5 Januari dan 8 Januari 2018.

Sementara itu, utang kepada pemohon II sebesar Rp163,05 juta juga telah dilunasi per 2 Januari 2018.

“Pemohon I dan Pemohon II sudah tidak memiliki legal standing mengajukan permohonan PKPU,” jelasnya.

Menanggapi, kuasa hukum PT Sapta Asien Mid East (termohon II) Pringgo Sanyoto menyatakan menerima putusan hakim. Meski kecewa, pihaknya tidak berniat mengajukan permohonan PKPU baru.

“Kami terima putusan majelis hakim,” ungkapnya singkat.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Comments

  1. I’ve been browsing online more than three hours these days, but I never found any attention-grabbing article like yours. It is lovely worth sufficient for me. In my view, if all web owners and bloggers made excellent content material as you probably did, the internet will likely be a lot more helpful than ever before. “Revolution is not a onetime event.” by Audre Lorde.

  2. Howdy would you mind sharing which blog platform you’re using?
    I’m planning to start my own blog in the near
    future but I’m having a tough time selecting between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.
    The reason I ask is because your layout seems different then most blogs and I’m looking for something
    unique. P.S Apologies for getting off-topic but I had to ask!

  3. Nice post. I learn something new and challenging on blogs I stumbleupon every day.
    It’s always interesting to read through articles from other authors and practice something from other sites.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close