Liputan

KTP Tercecer di Bogor, Apa Penyebabnya ?

BTN iklan

Bogor (Lei) – Polres Bogor, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, telah mengamankan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP yang tercecer di Jalan Raya Salabenda, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, pada Sabtu (26/5).

Keberadaan ratusan e-KTP yang berserakan di jalan itu sempat menjadi misteri. Kementerian Dalam Negeri bahkan menduga peristiwa tersebut sarat dengan dugaan sabotase.

Berdasarkan hasil pendalaman, polisi menyimpulkan ratusan e-KTP yang terserak dari kardus itu terjatuh dari mobil yang mengangkut e-KTP berstatus mati menuju tempat pemusnahan.


“Itu rencananya akan dimusnahkan oleh Dirjen Kependudukan, namun saat perjalanan truk bermuatan menjatuhkan satu kardus berisi KTP-e,” kata Kepala Polres Bogor AKBP Andi M Dicky di Cibinong, Senin (28/5).Menurut dia, ribuan KTP-e tersebut bakal dimusnahkan di gudang milik Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di wilayah Kemang, Kabupaten Bogor.

Barang tersebut diakui sudah pada posisi tidak dapat digunakan kembali (reject) atau telah rusak.

“Dari informasi di lokasi kejadian salah seorang warga yang tidak mau disebut nama maupun inisialnya menyebutkan pada saat itu ada truk engkel yang membawa kardus berisi e-KTP melaju dari arah Kayumanis menuju Parung,” katanya.

Kardus itu kemudian terjatuh, sehingga menyebabkan isinya tercecer di Jalan Raya Salabenda, Kecamatan Bogor.Berdasarkan keterangan saksi mata, kartu tanda penduduk elektronik tersebut kebanyakan keluaran Sumatera Selatan.

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil pada Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil pada Kemendagri), Zudan Arif Fakhrullah membenarkan bahwa kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) memang tercecer di Jalan Raya Salabenda, Kecamatan Kemang.

Pihaknya saat ini masih mencari titik terang sisa e-KTP yang tercecer dengan dibantu oleh Polres Bogor agar tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu,” katanya.

“Selain itu, masih pada proses pemeriksaan guna mengetahui kronologis atau keterangan dari sopir truk yang membawa barang tersebut,” katanya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close