Liputan

KTT ASEAN-Rusia Memperkuat Kerjasama di Berbagai Bidang

BTN iklan

JAKARTA (LEI) – Pertemuan ASEAN-Rusia Summit pada rangkaian KTT ASEAN yang berlangsung pada 13-15 November 2018 memperkuat kerjasama di berbagai bidang. Demikian disampaikan Duta Besar Rusia untuk ASEAN Alexander Ivanov di Jakarta.

“Pada pertemuan kemarin, Pemimpin ASEAN dan Rusia secara resmi meningkatkan dialog ke tingkat strategis. Sejak menjadi mitra dialog ASEAN pada 2016, kami terus mengembangkan dan memperkuat hubungan di segala bidang,” tutur Ivanov dalam konfrensi pers di kediamannya, Jumat (30/11/2018).

Dubes Ivanov menambahkan, kemitraan dialog ASEAN-Rusia didasarkan pada saling menghormati dan manfaat, kesetaraan, non-gangguan dalam urusan domestik, serta tanggung jawab bersama untuk mempromosikan perdamaian, stabilitas, keamanan, kemakmuran, pembangunan berkelanjutan dan kemajuan sosial di kawasan Asia Pasifik.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Indonesia dipilih menjadi koordinator kemitraan ASEAN-Rusia, Indonesia akan mengutamakan kerja sama di bidang kontra-terorisme, keamanan siber dan penanggulangan bencana. Penunjukkan itu disambut baik oleh Rusia sebagai mitra ASEAN.

Pada pertemuan kemarin, kedua belah pihak dikabarkan telah dibuat pernyataan mengenai kerja sama di bidang keamanan dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu dari beberapa pernyataan itu menyebutkan bahwa perlu untuk mencegah penggunaan sumber daya informasi atau teknologi untuk tujuan kriminal atau teroris.

ASEAN akan mempertimbangkan inisiatif Federasi Rusia mengenai “Dialog ASEAN-Rusia tentang isu-isu yang terkait dengan keamanan teknologi infomrasi dan komunikasi”.

Kemudian dikabarkan sedang dalam proses pendiskusian untuk MOU antara ASEAN dan Federasi Rusia tentang kerja sama dalam Bidang Penanggulangan Bencana, di mana ASEAN dan Rusia dapat lebih jauh melakukan kerja sama yang konkret dalam mencegah. memitigasi, merespons, dan mengelola bencana. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close