Tekno

Kulon Progo Luncurkan Perpustakaan Digital “Ikulonprogo”

BTN iklan

KULON PROGO, 28/3 (LEI) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncurkan perpustakaan digital dengan nama iKulonprogo yang bisa diakses masyarakat di mana saja.

“Perpustakaan digital merupakan bentuk pelayanan publik supaya masyarakat dapat menikmati perpustaan Kulon Progo melalui adroid melalui aplikasi iKulonprogo,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo Agus Santoso di Kulon Progo, Rabu.

Ia mengatakan iKulonprogo menyediakan berbagai buku bacaan koleksi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, yang dibutuhkan masyarakat. Ia berharap masyarakat Kulon Progo gemar membaca, karena dengan membaca masyarakat akan semakin cerdas.

“IKulonprogo dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Masyarakat tidak perlu datang ke perpustakaan, tinggal buka android dan buka iKulon Progo, pilih buku yang akan dibaca,” katanya.

Agus mengatakan pihaknya telah memberikan bimbingan teknis bagaimana mengeola perpustkaan digital kepasa pustakawan dan organisasi perangkat daerah (OPD). Harapannya, mereka dapat memberikan pelayanan maksimal kepada pembaca buku yang disajikan secara digital.

“Dengan iKulonprogo, Kulon Progo dapat sejajar dengan daerah lain yang sudah menerapkan perpustakaan digital,” katanya.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kulon Progo Jumantoro mengharapkan adanya adanya iKulonprogo dapat memajukan dunia pendidikandi Kabupaten Kulon Progo khususnya.

Dengan adanya perpustakaan digital, Jumantoro optimis perpustakaan di Kulon Progo dapat berkembang.

“Saat ini kecenderungan menggunakan teks secara elektronik terus meningkat dari hari ke hari,” katanya.

Merujuk pengalaman di berbagai perpustakaan terutama negara-negara maju menunjukkan bahwa mayoritas pengguna perpustakaan lebih senang menggunakan format elektronik daripada teks secara konvensional khususnya untuk koleksi jurnal.

Kecenderungan itu tentunya akan mengubah model manajemen yang dikembangkan di perpustakaan yaitu dari sistem konvensional menuju ke sistem yang lebih modern.

“Beberapa kelebihan adanya perpustakaan digital ini, di antaranya akses lebih mudah dan cepat, tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, menyimpan jenis data yang lebih beragam, menjamin keutuhan koleksi dan melindungi hak cipta,” katanya. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close