BTN iklan
Internasional

Kunjungi Masjid Agung Moskow, Menlu Retno Serahkan Kaligrafi Buatan Boyolali

MOSKOW (LEI) – Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, mengawali lawatannya ke Rusia dengan mengunjungi Masjid Agung di Moskow. Wakil Ketua Majelis Muslim Federasi Rusia, Damir Gizatullin, menyambut kedatangan diplomat tertinggi RI itu di lingkungan masjid.

“Kesempatan tersebut, saya gunakan untuk memperkokoh silaturahmi dalam mensyiarkan nilai toleransi dan perdamaian,” cuit Menlu Retno lewat akun Twitter @Menlu_RI, Senin (12/3/2018).

Kepada Menlu Retno, Majelis Ulama Rusia menyampaikan ketertarikan sistem manajemen haji di Indonesia. Selain itu, keduanya juga berbicara mengenai penyelenggaran dialog antaragama (Interfaith Dialogue) antara Indonesia-Rusia yang akan digelar pada kwartal ketiga 2018.

Masjid Agung Moskow merupakan masjid terbesar di Rusia dari sekira 8.000 masjid di Negeri Beruang Merah. Setiap Jumat, Jamaah Agung Moskow bisa mencapai 15.000 orang. Sementara itu, total penduduk Muslim di Rusia mencapai 20-25 juta orang dengan mayoritas berada di Dagestan dan Chechnya.

Sebagai informasi, Presiden Soekarno diketahui pernah mengunjungi masjid tersebut pada 1956. Di akhir kunjungan, Menlu Retno menyerahkan cinderamata kepada Damir Gizatullin.

“Saya menyerahkan kaligrafi buatan Boyolali sebagai simbol silaturahmi antara umat Islam di Indonesia dan Rusia,” tutup Menlu Retno.

Diplomat kelahiran Semarang itu tiba di Moskow pada Senin pagi waktu setempat. Menlu Retno dijadwalkan menggelar pertemuan bilateral dengan Menlu Rusia, Sergey Lavrov, pada Selasa 13 Maret. Keduanya akan membahas sejumlah isu, di antaranya ekonomi dan perkembangan situasi di kawasan. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close