Hukum

KY: Seleksi CHA Tahap Tiga Masih Berlangsung

BTN iklan

Jakarta, Lei, Ant 8/6  – Juru bicara Komisi Yudisial (KY) Farid Wajdi mengungkapkan bahwa proses seleksi calon hakim agung (CHA) tahap ketiga masih berlangsung.

“Proses seleksi tahap tiga saat ini masih berlangsung, jadi belum diputuskan peserta yang lulus ataupun gugur,” ujar Farid melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Kamis.

Seleksi CHA tahap ketiga ini berupa tes kesehatan, kepribadian, serta kompetensi.

“Asesmen kepribadian dan kompetensi untuk CHA telah dilaksanakan pada 21 dan 23 Mei 2017 di Kantor KY,” kata Farid.

Sementara untuk tes kesehatan dilaksanakan pada 23 dan 24 Mei 2017 di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Pada Senin (15/5) KY secara resmi meluluskan 29 calon hakim agung (CHA) dari 82 peserta seleksi kualitas CHA Tahun 2017.

Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Maradaman Harahap memaparkan CHA yang lolos ini terdiri dari 20 orang dari jalur karier dan sembilan orang dari jalur nonkarier.

Sementara berdasarkan kamar yang dipilih, sebanyak 10 orang lolos seleksi kualitas di kamar Perdata, enam orang lolos seleksi kualitas di kamar Pidana, dua orang lolos seleksi kualitas di kamar Tata Usaha Negara, sembilan orang lolos seleksi kualitas di kamar Agama, dan dua orang lolos seleksi kualitas di Militer.

Lebih lanjut Maradaman mengatakan dalam melakukan penilaian seleksi kualitas, KY dengan tim teknis menggunakan instrumen meliputi pembuatan karya tulis di tempat.

Seleksi ini untuk mengisi kekosongan enam jabatan hakim agung di Mahkamah Agung (MA) yang terdiri dari: satu orang kamar pidana, dua orang kamar perdata, satu orang kamar agama, satu orang kamar militer (berasal dari militer), dan satu orang kamar tata usaha negara (yang memiliki keahlian hukum perpajakan).(M048)

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami