Hukum

KY Yakin Hakim Perkara Setnov Rabu Besok Independen

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Komisi Yudisial (KY) meyakini hakim sidang perkara dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP yang akan mengadili Setya Novanto independen. Sebab, berdasarkan catatan di KY, para hakim tersebut belum pernah melanggar kode etik.

“Ketua dan anggota majelis hakim sidang Tipikor SN (Setya Novanto) di PN Jakpus belum ada laporan berkaitan dengan dugaan perilaku pelanggaran etik yang diterima KY,” kata Juru Bicara KY, Farid Wajdi saat dikonfirmasi, Selasa (12/12/2017).

Kendati yakin terhadap independensi majelis hakim yang akan memi‎mpin jalannya persidangan Setya Novanto, Farid mengaku, pihaknya akan tetap memantau langsung sidang itu. Hal itu untuk memastikan persidangan bebas dari intervensi.

“Untuk itu, kami imbau peradilan Indonesia menjalankan tugas sebaik-baiknya, jangan terpengaruh intervensi mana pun baik di dalam maupun luar. Independen juga tidak berarti mengabaikan perhatian publik dan perkembangan hukum,” pungkasnya.

Sekadar informasi, ketua majelis hakim yang biasa memimpin jalannya persidangan perkara dugaan korupsi proyek e-KTP diganti. Pergantian ketua majelis hakim bertepatan dengan akan digelarnya sidang dakwaan untuk Setya Novanto.

Dalam hal ini, Ketua Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Yanto akan menggantikan Hakim Jhon Halasan Butar-Butar untuk memimpin sidang perdana perkara korupsi e-KTP untuk Setya Novanto, pada Rabu, 13 Desember 2017.‎

Namun, empat anggota hakim lainnya yang akan mengadili Setya Novanto masih dalam posisi yang sama. Empat hakim yang biasa memimpin jalannya persidangan korupsi e-KTP tersebut yakni, Franky Tambuwun, Emilia Djajasubagja, Anwar, dan Ansyori Syaifudin.‎ Selamat bertugas!

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami