Lifestyle

Lakukan Kebiasaan ini Agar Lebih Produktif Menyongsong Tahun Baru

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Di tahun baru ini pasti anda juga menyusun resolusi dan berharap dapat segera mewujudkannya, tapi itu semua hanya bualan belaka jika anda tidak produktif. Jika anda ingin jauh lebih produktif, maka ada baiknya mulai dari hal-hal kecil dahulu:

1. Tidur tepat waktu!

Tidur yang baik di malam hari dapat membantu meningkatkan produktivitas di pagi harinya. Selain itu, tidur yang berkualitas juga membuat Anda bahagia.

Akhirnya, Anda pun dapat lebih cerdas dalam mengambil keputusan dan menciptakan ide yang segar. “Ada korelasi langsung antara kurang tidur dengan inefisiensi di tempat kerja,” dilansir dari Huffington Post.

2. Sarapan penting untuk mengisi ‘baterai’ anda

Lisa DeFazio menyatakan,┬ásarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari. Ketika Anda bangun pagi, Anda belum makan antara 10-12 jam, sehingga sarapan adalah waktu di mana Anda kembali mengisi ‘baterai’

“Makan pertama Anda dalam sehari penting untuk mengaktifkan metabolisme dan mengisi kadar gula dalam darah, sehingga Anda bisa fokus dan produktif sepanjang hari,” jelas DeFazio, yang juga terkenal sebagai pakar gaya hidup sehat.

Ketika kadar gula dalam darah cenderung rendah, maka Anda akan menjadi lebih sulit untuk fokus dan mudah merasa lelah, tersinggung, dan tidak sabar.

3. Singkirkan ponsel ketika tidur

Layar LED pada ponsel pintar, tablet, dan laptop, menyinarkan cahaya biru yang dapat merusak penglihatan dan menekan produksi melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur.

Riset juga menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar melatonin yang rendah cenderung lebih mudah depresi. Jadi, mulai sekarang, jauhkan ponsel dari bantal atau tempat tidur Anda ketika tiba waktunya untuk istirahat.

4. Hindari Rapat yang tidak penting

Rapat-rapat yang sebenarnya tak perlu dilakukan dapat mengganggu produktivitas. Dengan banyaknya sarana, seperti e-mail, pesan singkat, dan video chat yang dapat diakses dengan mudah, ada baiknya rapat hanya dilakukan untuk pengenalan suatu hal, diskusi serius, atau hal lain yang harus dilakukan secara tatap muka.

5. Hindari ‘multitasking’

Yakin anda makhluk ‘multitasking’ alias mampu mengerjakan banyak hal dalam satu waktu? Padahal hasil kerja anda tetap berantakan. Sebuah riset ilmiah menemukan bahwa hanya ada 2 persen dari populasi yang dapat multitasking secara efektif.

Multitasking adalah kebiasaan buruk. Perhatian Anda dapat dengan mudah terpecah dan pada akhirnya menurunkan produktivitas.

6. Terlalu Sering Mengecek e-mail dapat meningkatkan kadar kebodohan dan menyia-nyiakan waktu anda

Dengan sambungan internet yang konstan, banyak orang cenderung berkali-kali mengecek e-mail. Parahnya, kebiasaan ini bisa membuang waktu kerja sebanyak 25 menit dan membuat Anda lebih bodoh.

Konsultan Ron Friedman menyarankan Anda mematikan ponsel dan tidak bolak-balik mengecek e-mail secara berkala. Tujuannya adalah agar Anda lebih punya banyak waktu untuk fokus bekerja.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami