Internasional

Lakukan Kejahatan Ekonomi “Sultan Koin Emas” dan Asistennya Dieksekusi di Iran

BTN iklan

TEHERAN (LEI) – Pihak berwenang Iran pada Rabu mengeksekusi dua orang yang dituduh melakukan kejahatan ekonomi: Wahid Mazloumin, yang dikenal dengan julukan “Sultan Koin Emas” dan asistennya Mohammed Esmaeil Qassemi.

Kantor berita Irna yang dilansir Middle East Monitor, Kamis (15/11/2018) melaporkan, kedua terpidana mati dinyatakan bersalah atas tuduhan menimbun dua ton emas untuk memanipulasi harga emas di pasaran. Eksekusi Mazloumin dan Qassemi dilakukan pada Rabu pagi di Ibu Kota Teheran.

Pihak berwenang Iran menangkap Mazloumin pada 4 Juli, dengan tuduhan menimbun dua ton emas untuk memanipulasi harga emas dan pasar valuta asing di Iran, karena tindakannya itu Mazloumin dijuluki sebagai “Sultan Koin Emas”.

Pengadilan Iran telah menghukum Mazloumin atas tuduhan “menyebarkan korupsi di tanah” melalui pembentukan dan pengelolaan jaringan korupsi untuk mengganggu sistem ekonomi negara dan melakukan transaksi ilegal yang besar serta melanggar hukum.

Sementara Qassemi dituduh sebagai anggota geng dan menyebarkan korupsi di tanah dengan mengganggu sistem keuangan dan ekonomi Iran dengan transaksi ilegal. Menyebarkan korupsi adalah kejahatan tertinggi yang dapat diganjar hukuman mati di Iran.

Mahkamah Agung Iran telah menyetujui hukuman mati terhadap kedua terdakwa pada 21 Oktober. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami