KesehatanLifestyleOlahraga

Langkah Awal Kurangi Berat Badan Membentuk Tubuh Ideal

BTN iklan

Tubuh sehat merupakan suatu kewajiban yang harus selalu kita lakukan. Tubuh ideal sering kali menjadi goal atau target yang selalu dikejar dan diimpi-impikan baik pria maupun wanita. Tapi apakah mungkin keduanya kita lakukan dalam waktu bersamaan?Bagaimanakah cara untuk memulai membentuk tubuh ideal? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan tubuh sehat dan ideal.

Tips Diet

Bila anda memiliki berat badan diatas normal dan terbiasa makan banyak, coba jaga pola makan anda dengan cara:

1. Makan sedikit-sedikit tetapi sering. 

Ini merupakan tahap pertama untuk dapat mengurangi porsi makan kita. Bila sudah mulai terbiasa dengan porsi makan yang baru lalu cobalah untuk mengganti makan berat dengan buah. Contoh: biasa makan 3x sehari dengan porsi besar, lalu diubah 4X sehari dengan porsi kecil, lalu bila sudah terbiasa dengan porsi kecil substitusikanlah 1-2x makan berat anda dengan buah/sayur full.

2. Ganti cemilan anda dengan buah

Gantilah cemilan anda dengan buah-buahan, direkomendasikan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti jeruk atau apabila Anda memiliki sakit mag Anda dapat memilih buah-buahan yang cukup padat seperti pisang atau apel.

3. Minum air yang cukup dan kurangi minum minuman manis dan bersoda

Selain untuk menjaga badan tetap terehidrasi, dengan minum air yang cukup dapat membuat Anda merasa tetap kenyang. Selai itu kurangi minuman manis dan bersoda karena memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

4. Pilih makanan yang mengandung rendah lemak, karbohidrat, dan tinggi protein

Pilihlah makanan yang mengandung rendah lemak. Jaga asupan karbohidrat Anda, jangan terlalu sedikit karena anda perlu energi untuk beraktivitas dan olahraga. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung protein cukup tinggi seperti aneka daging dan susu untuk modal dalam pembentukan otot.

5. Perhitungkan kalori asupan anda

Jagalah jenis asupan anda, usahakan pemasukan kalori sesuai dengan kegiatan dan olahraga anda. Secara umum, mengurangi sekitar 500 kalori dari makanan Anda setiap sehari adalah jumlah yang aman. Ini bisa menurunkan berat badan sekitar 0,45 kg dalam seminggu. Anda dapat menggunakan penghitung kalori atau aplikasi daring (online) untuk menghitung jumlah kalori yang saat ini Anda konsumsi dalam sehari. Kurangi angka yang Anda dapatkan dengan 500 untuk mengetahui jumlah kalori yang boleh Anda konsumsi dalam sehari. Ketika mengurangi asupan kalori, jangan terlalu banyak mengurangi jumlahnya. Hanya mengonsumsi kurang dari 1200 kalori dalam sehari bisa membuat Anda berisiko mengalami kekurangan gizi, kelelahan, dan kehilangan massa otot

Tips Olahraga

Selain diet sehat, Anda harus mengimbanginya dengan olahraga secara teratur untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Berikut yang harus diperhatikan dalam merencanakan olahraga:

1. Latihan kardio

Latihan kardio yang stabil adalah latihan aerobik dalam bentuk apa pun yang membuat denyut jantung Anda tetap berada di tingkat yang relatif stabil selama setidaknya 10 menit. Jenis latihan ini bisa membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme. Olahraga kardio sangat membantu menurunkan berat badan karena aktivitas ini dapat membakar lemak. Penurunan berat badan terjadi jika tubuh lebih banyak membakar kalori dibandingkan menerima kalori dari makanan. Secara umum, disarankan agar Anda melakukan aktivitas aerobik minimal 150 menit setiap minggu (atau 30 menit setiap hari yang dilakukan sebanyak lima hari dalam seminggu). Usahakan untuk melakukan aktivitas yang merupakan gabungan dari kegiatan intensitas sedang dengan kegiatan intensitas tinggi. Kombinasi ini selain bisa membakar kalori dari lemak juga sangat berguna untuk kesehatan jantung. Berbagai aktivitas yang dianggap sebagai latihan kardio dengan intensitas sedang di antaranya: berlari, berjalan/joging, hiking, bersepeda, menggunakan stairmaster(alat latihan berbentuk tangga berjalan) atau elliptical, menari, atau berenang

2. Latihan otot

Setelah latihan kardio, anda dapat melanjutkan olahragaanda dengan latihan otot. Tergantung otot mana yang mau anda latih, contohnya apabila anda mau membentuk otot lengan anda dapat melakukan push up dan angkat barbel,yang dimulai dari beban yang ringan tetapi konstan dilakukan.

Demikian langkah awal dalam memulai membentuk tubuh sehat dan ideal. Nantikan artikel berikutnya untuk tips diet dan olahraga yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Keep healthy and keep moving sobat sehat LEI!

(dr. Naomi Chandradewi Manangka)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami