Internasional

Ledakan Bom Ganda di Somalia Tewaskan Sedikitnya 45 Orang

BTN iklan

MOGADISHU – Sedikitnya 45 orang tewas akibat dua ledakan yang terjadi di Ibu Kota Somalia, Mogadishu pada Jumat malam, 23 Februari. Angka ini merupakan kenaikan yang signifikan dari laporan sebelumnya yang menyebutkan korban tewas berjumlah 18 orang.

“Korban tewas akibat ledakan semalam telah meningkat menjadi 45, dan 36 lainnya terluka,” kata seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya kepada Reuters, Sabtu (24/2/2018).

Kelompok militan Al Shabaab mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom yang terjadi di dekat rumah tinggal presiden dan sebuah hotel yang terletak di dekatnya.

Pada Jumat malam, setidaknya lima mobil menerobos bagian luar hotel yang sebagian temboknya telah hancur akibat ledakan. Al Shabaab mengatakan, telah menewaskan 35 tentara dan kehilangan lima orang militannya dalam serangan tersebut.

“Lima orang termasuk dua sopir yang mati syahid dari pihak kita. Kami membunuh 35 tentara dalam operasi semalam. Mujahidin lainnya kembali dengan selamat,” demikian pernyataan dari kelompok teror tersebut.

Kelompok tersebut ingin menggulingkan pemerintah Somalia dan menerapkan penafsiran keras terhadap hukum Islam di negara itu. Al Shabaab  telah membunuh ratusan warga sipil di seluruh Afrika Timur dan ribuan warga Somalia dalam satu dekade pemberontakan.

Pada bulan Oktober, lebih dari 500 orang tewas dalam ledakan bom kembar di Mogadishu. Serangan tersebut merupakan yang paling mematikan sejak al Shabaab memulai pemberontakan pada 2007. Namun, Al Shabaab tidak mengklaim bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 6 =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami